Dark
Light

Live Streaming ke YouTube Kini Semakin Mudah

1 min read
March 22, 2018

YouTube terus menyempurnakan fitur live streaming-nya. Setelah sebelumnya merilis fitur auto caption, baru-baru ini YouTube menghadirkan fitur anyar yang lebih signifikan lagi pengaruhnya, yakni kemudahan untuk memulai sesi live streaming di komputer tanpa software tambahan.

Sebelum ini, menyiarkan video secara langsung ke YouTube melalui komputer harus mengandalkan bantuan software seperti Open Broadcaster Software (OBS) atau XSplit Broadcaster. Buat yang sudah terbiasa, langkah-langkahnya memang terasa cukup mudah, tapi ini bakal menjadi penghalang bagi mereka yang masih awam.

Sekarang, asalkan Anda menggunakan browser Chrome, Anda tinggal membuka tautan youtube.com/webcam dan mengklik tombol “Go live” untuk memulai sesi siaran langsung. Ke depannya, Google berjanji untuk menghadirkan kemudahan yang sama pada browser lain.

Selain di komputer, YouTube juga ingin memberikan kemudahan live streaming di smartphone. YouTube bilang bahwa dalam beberapa bulan ke depan, kita dapat memulai sesi live streaming langsung dari aplikasi kamera bawaan. Fitur ini awalnya hanya tersedia untuk beberapa handset buatan Asus, LG, Motorola, Nokia dan Samsung saja, akan tetapi jumlahnya dipastikan bakal bertambah ke depannya.

YouTube menjabarkan sejumlah prasyarat yang dibutuhkan agar suatu handset bisa menyiarkan video secara langsung ke platform-nya. Namun yang paling gampang, perangkat harus menjalankan versi Android minimal Marshmallow.

Live streaming ke YouTube via smartphone sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak tahun lalu, tapi tidak melalui aplikasi kamera bawaan secara langsung. Pembaruan ini sepertinya didedikasikan bagi konsumen yang lebih awam, apalagi mengingat YouTube kini tak lagi membatasi akses mobile live streaming hanya untuk channel yang sudah memiliki 10.000 subscriber saja.

Sumber: YouTube.

Previous Story

Ataribox Berubah Nama Jadi Atari VCS, Ini yang Perlu Anda Ketahui Mengenainya

Next Story

Headset VR Standalone HTC Vive Focus Akan Tersedia Secara Global Tahun Ini

Latest from Blog

Don't Miss

Di Q1 2023, Jumlah Penonton dari Siaran Esports Naik

Viewership dari konten game dan esports memang sempat naik berkat
Kebijakan baru Twitch banjir reaksi negatif

Tambah Kebijakan Baru, Twitch Banjir Reaksi Negatif dari Pengguna

Salah satu platform live-streaming terbesar, Twitch, baru saja memperbarui aturan mereka. Banyak peraturan,