21 August 2015

by Bambang Winarso

LINE Hadirkan Aplikasi "Radar" untuk Smartphone

LINE Corporation yang tak lain adalah pengembang aplikasi chat instan, LINE kembali menelurkan karya baru. Kali ini sebuah aplikasi bernama LINE HERE. LINE HERE adalah aplikasi yang digunakan untuk membagikan lokasi ke teman atau keluarga. Tujuannya agar keluarga dapat mengetahui posisi terkini anggota lainnya.

Berbeda dengan fitur berbagi lokasi di aplikasi pesan instannya, LINE HERE dapat dipergunakan oleh pengguna yang tidak mempunyai ID LINE. Mereka tetap dapat menikmati layanan menggunakan akun Facebook.

Cara kerja LINE HERE cukup sederhana. Para pengguna dapat memulai dengan membuat grup yang berisikan anggota keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, kakak, adik dan nenek. Kemudian masing-masing dapat mengirimkan lokasi ke pengikut grup dalam bentuk tautan melalui LINE, SMS atau Facebook yang bila diklik maka anggota keluarga dapat melacak keberadaannya secara real-time.

Info Menarik: 5 Stiker LINE Buatan Lokal yang Paling Digemari

Tidak hanya memberikan titik koordinat posisi terakhir, LINE HERE juga memberikan update saat pengirim berpindah lokasi. Setiap penerima tautan dapat memantau lokasi terakhir juga secara real-time.

Apabila pengguna tak ingin membagikan posisinya terus menerus, mereka dapat mengatur sendiri durasi waktu berapa lama lokasi dibagikan. Saat hitung mundur menyentuh angka nol, maka secara otomatis petunjuk lokasi akan dimatikan.

Penggunaan LINE HERE tidak hanya mencakup lingkup keluarga, komunitas atau perkumpulan teman sekerja juga bisa memanfaatkan layanan ini. Misalnya untuk mengetahui posisi teman saat sedang merancang event, rapat atau makan siang bersama.

Pengguna Android dan iOS sudah bisa menggunakan LINE HERE yang tersedia gratis di toko aplikasi masing-masing.

Sumber berita Techcrunch.