Dark
Light

Lima Hal yang Perlu Diketahui Pendiri dalam Memimpin Startup

1 min read
November 15, 2016

Disiplin yang diterapkan oleh militer ternyata cukup ideal untuk dicoba di sebuah startup, terutama untuk Anda calon penggiat startup yang masih belum memiliki kepercayaan diri memimpin startup sejak awal. Artikel berikut ini merupakan rangkuman metode atau disiplin yang telah diterapkan oleh militer dan memiliki kemiripan yang cukup signifikan untuk dicoba diimplementasikan di sebuah startup berbasis teknologi.

Hindari menjadi pemimpin yang sok tahu

Seorang pemimpin yang baik adalah mereka yang memiliki rasa rendah hati dan bijak dalam hal wawasan pengalaman. Meskipun Anda memiliki kemampuan lebih dalam hal pengetahuan, wawasan, hingga pengalaman, jangan menjadi sombong atau sok tahu. Sebarkan pengetahuan yang Anda ketahui kepada rekan kerja dan anggota tim lainnya, yang lebih penting lagi, cobalah untuk menjadi orang yang open minded, selalu ingin tahu dan tidak pernah bosan mencari informasi baru. Intinya, pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu berkomunikasi dengan baik dan bersedia berbagi informasi.

Tentukan ‘goal’ yang ada

Terkadang apa yang kita inginkan hasilnya bisa jauh berbeda dengan kenyataan. Hal tersebut juga berlaku saat menjalankan bisnis. Upayakan untuk bisa mengatasi kendala yang dihadapi, jangan menghindar atau menyerah. Ketika ide dan produk yang Anda impikan tidak berjalan dengan baik cobalah untuk tidak memaksakan kehendak dan terima kenyataan yang ada bahwa ide tersebut tidak bekerja dengan baik. Temukan ‘goal’ baru yang sesuai dengan kondisi dan resource yang Anda miliki.

Bangunlah struktur atau dasar yang baik

Apapun bisnis yang Anda jalankan, jika sejak awal tidak memiliki dasar atau kerangka yang kuat pada akhirnya akan mempengaruhi jalannya usaha. Sebelum Anda melangkah lebih jauh, bangunlah dasar dari usaha Anda dengan tepat. Apakah itu visi dan misi, kultur perusahaan, hingga target yang ingin ditentukan. Dengan demikian usaha akan berjalan sesuai dengan program dan tentunya dasar yang baik.

Ciptakanlah tim yang solid

Tim yang baik dan solid akan mempengaruhi kelancaran suatu usaha. Terutama jika bisnis sedang mengalami keadaan yang sulit, koordinasi dan kerja sama antar anggota tim bisa menjadi faktor penentu untuk menemukan solusi dan tentunya keluar dari masalah yang ada. Binalah tim yang Anda miliki dan pastikan satu dan lainnya bisa bekerja dengan baik demi jalannya usaha.

Buat produk yang dibutuhkan orang banyak

Sebagai pemimpin, Anda boleh saja memiliki ide yang paling kreatif, teknologi yang paling canggih, atau strategi marketing yang cerdas. Namun, jika produk yang Anda buat tidak dibutuhkan oleh orang banyak, hal-hal tersebut akan menjadi sia-sia. Pelajari dengan baik ide yang telah dimiliki dan lakukan percobaan kepada produk Anda sebelum dilemparkan kepada publik. Kumpulkan feedback yang ada untuk kemudian mengkoreksi, menambahkan atau mengurangi semua aspek yang terdapat dari produk yang Anda cintai dan tentunya ingin Anda tawarkan kepada orang banyak.

Previous Story

Spesifikasi dan Wujud OnePlus 3T Muncul Duluan di OppoMart

Next Story

MSI Singkap Trident, Gaming PC VR Ready Termungil di Dunia

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Mobile photography adalah salah satu skill penting yang perlu dikuasai

Tips Streetphotography dengan Ponsel 

Kami berbincang dengan mentor dari acara workshop foto Hybrid tentang