Dark
Light

Lensbaby Twist 60 Coba Populerkan Kembali Efek Khas dari Lensa Petzval

1 min read
April 14, 2016

Produsen lensa inovatif asal AS, Lensbaby, kembali memperkenalkan sebuah produk unik untuk para penggemar fotografi. Dijuluki Twist 60, misinya adalah memopulerkan kembali efek khas milik lensa Petzval dari abad 19.

Lensa Petzval begitu dikenal karena efek bokeh-nya yang amat khas. Lewat Twist 60, Lensbaby pun berupaya menyuguhkan efek yang sama, dimana bokeh (biasan cahaya) pada foto akan tampak seperti berada di tengah-tengah suatu pusaran, namun di saat yang sama masih mempertahankan ketajaman pada titik fokusnya.

Contoh hasil foto menggunakan Lensbaby Twist 60
Contoh hasil foto menggunakan Lensbaby Twist 60 / Lensbaby

Sesuai namanya, lensa ini punya panjang fokal 60 mm, ideal untuk fotografi portrait, dengan aperture maksimum f/2.5. Biasan cahaya yang dihasilkan akan terlihat sangat indah berkat pemakaian 12 bilah aperture di dalamnya.

Ini sebenarnya bukan pertama kali suatu pabrikan modern berusaha memopulerkan kembali lensa Petzval. Sebelum ini, Lomography sudah lebih dulu menawarkan versinya lewat metode crowdfunding. Namun dalam kasus Lomography, mereka ingin menciptakan replika penerus lensa Petzval yang hampir identik, lengkap dengan bodi lensa yang terbuat dari kuningan, sehingga harganya pun melambung menjadi $600.

Contoh hasil foto menggunakan Lensbaby Twist 60
Contoh hasil foto menggunakan Lensbaby Twist 60 / Lensbaby

Tidak demikian untuk Lensbaby, mereka hanya ingin menyuguhkan efek yang sama dengan lensa Petzval, dalam bodi yang senada dengan gaya desain kamera DSLR atau mirrorless terkini. Alhasil, harganya pun jauh lebih terjangkau dibanding penawaran Lomography.

Lensbaby Twist 60 rencananya akan dipasarkan mulai 5 Mei mendatang seharga $280, atau $180 untuk komponen optiknya saja – dengan catatan Anda sudah punya Lensbaby Optic Swap System. Ia hadir dalam varian untuk jenis mount Canon EF, Nikon F dan Sony E.

Sumber: PetaPixel.

Previous Story

Telegram untuk iOS dan Android Makin Kece dengan Wajah Baru

Next Story

Mouse Asus ROG Spatha Diramu Untuk Bantu Anda Taklukkan Game MMO

Latest from Blog

Don't Miss

bedah-sistem-kamera-smartphone-1

Bedah Sistem Kamera Smartphone dan Cara Optimalkan Fitur Canggihnya

Perkembangan teknologi kamera yang tersemat di smartphone, sangatlah menakjubkan. Menurut
Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Mobile photography adalah salah satu skill penting yang perlu dikuasai