Lenovo ThinkPad X13s Adalah Laptop Pertama yang Dibekali Chipset Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3

Berbekal prosesor berarsitektur ARM, Lenovo ThinkPad X13s menjanjikan efisiensi yang sangat baik, dengan klaim daya tahan baterai hingga 28 jam pemakaian

Lenovo meluncurkan sederet laptop baru di ajang MWC Barcelona 2022. Namun ada satu yang lebih mencuri perhatian dibanding yang lain, yaitu Lenovo ThinkPad X13s. Keistimewaannya? Ia adalah laptop pertama yang ditenagai chipsetQualcomm Snapdragon 8cx Gen 3.

Diumumkan pada bulan Desember lalu, Snapdragon 8cx Gen 3 menjanjikan peningkatan performa CPU hingga 85% dan GPU hingga 60% dibanding generasi sebelumnya. Tipikal prosesor berarsitektur ARM, ia dapat beroperasi secara optimal tanpa perlu didampingi kipas pendingin. Efisiensinya pun juga sangat baik berkat proses pabrikasi 5 nm. Saat dipakai menonton video misalnya, Lenovo mengklaim ThinkPad X13s sanggup beroperasi selama 28 jam nonstop dengan baterai berkapasitas 49,5 Wh yang tertanam.

Melengkapi dapur pacunya adalah RAM LPDDR4x dan SSD PCIe, masing-masing dengan kapasitas maksimum hingga 32 GB dan 1 TB. Di samping menawarkan keseimbangan yang pas antara performa dan efisiensi, Snapdragon 8cx Gen 3 juga unggul perihal konektivitas: 5G adalah opsi standar yang tersedia buat semua konfigurasi ThinkPad X13s, demikian pula 5G mmWave maupun Wi-Fi 6E.

Berhubung hanya perlu mengandalkan sistem pendingin pasif, Lenovo pun dapat merancang ThinkPad X13s seringkas mungkin. Tebal bodinya tercatat cuma 13,46 mm, sementara bobotnya berada di kisaran 1,06 kg saja. Rangka bodinya terbuat dari bahan magnesium yang 90% merupakan hasil daur ulang. Tentu saja, perangkat ini masih mempertahankan kesan industrial nan premium yang sudah sangat melekat dengan seri ThinkPad.

Untuk layarnya, ThinkPad X13s mengemas panel IPS 13,3 inci dengan resolusi 1920 x 1200. Seperti yang bisa dilihat dari angka resolusinya, layar ini lebih tinggi dari biasanya dengan aspect ratio 16:10, dan ini sangat wajar mengingat target pasar seri ThinkPad tidak pernah jauh dari kalangan pebisnis maupun pekerja profesional.

Di atas layarnya, pengguna akan menjumpai webcam dengan sensor 5 megapiksel. Alternatifnya, webcam ini juga dapat diganti dengan yang dibekali teknologi infra-merah sekaligus computer vision, yang memungkinkan perangkat untuk mendeteksi keberadaan pengguna di hadapannya, sehingga layarnya pun dapat dikunci dan dibuka secara otomatis. Beralih ke samping kiri dan kanannya, kita bisa melihat dua port USB-C 3.2 Gen 2, jack audio 3,5 mm, serta slot kartu SIM.

Di pasar Amerika Serikat, Lenovo rencananya akan menjual ThinkPad X13s pada bulan Mei mendatang dengan harga mulai $1.099. Sejauh ini belum ada informasi apakah Lenovo juga berniat membawanya ke pasar tanah air.

Sumber: AnandTech dan Lenovo.