30 January 2023

by Dimas Galih W.

Lenovo Perkenalkan Laptop Windows untuk Pendidikan: Gunakan Alder Lake-N, Ryzen 7000, dan Kompanio 520

Laptop terbaru dari Lenovo yang ditujukan untuk pendidikan akan menggunakan 3 prosesor terbaru dari 3 vendor berbeda

Lenovo baru-baru ini mengeluarkan kembali perangkat laptop mereka yang khusus ditujukan untuk pendidikan. Hal tersebut diungkapkan oleh perusahaan tersebut pada FETC 2023 di New Orleans. Portofolio mereka mencakup laptop-laptop baru yang berjaan dengan sistem operasi Windows 11 dan ChromeOS untuk siswa dan guru. Semuanya ini bakal berjalan dengan lebih baik dari generasi sebelumnya.

Stuart King, Global Head of Education Segment, Lenovo Intelligent Devices Group, mengatakan bahwa pendidikan adalah fondasi untuk masa depan yang lebih baik dan perangkat Lenovo yang dirancang khusus untuk siswa, fakultas, staf, dan administrator, dan dibangun untuk menahan kerasnya penggunaan sehari-hari dan menjaga pengalaman belajar. Lembaga pendidikan harus siap untuk transformasi digital.

Semua model baru yang diperkenalkan Lenovo ternyata menggunakan prosesor dengan generasi baru. Beberapa model yang ditampilkan menggunakan prosesor Intel Alder Lake-N dan ada pula yang menggunakan AMD Ryzen 7000 series. Namun, belum diketahui untuk Ryzen 7000 mana yang akan digunakan pada laptop untuk pendidikan ini.

Alder Lake-N yang bakal digunakan adalah Intel N100 dan N200. Seperti yang diketahui, Intel N100 dan N200 menggunakan arsitektur Gracemont yang digunakan sebagai E-Core pada prosesor Intel Core i Generasi ke 12. Yup, prosesor ini merupakan penerus dari Intel Atom dengan kinerja yang lebih baik.

Laptop yang diperkenalkan memiliki nama Lenovo 100w Gen 4, Lenovo 300w Yoga Gen 4, Lenovo 500w Yoga Gen 4, dan Lenovo 13w Yoga Gen 2. Semua laptop tersebut ternyata sudah memiliki sertifikasi MIL-STD-810H yang tentunya tahan tumpahan serta benturan. W sendiri menandakan bahwa perangkat ini menggunakan sistem operasi Windows 11.

Selanjutnya untuk laptop yang menggunakan sistem operasi Chromebook, Lenovo juga menawarkan beberapa model. Di antaranya adalah Lenovo 100e Chromebook Gen 4 dan Lenovo 300e Yoga Chromebook Gen 4 yang memakai prosesor Mediatek Kompanio 520. Selanjutnya ada Lenovo 500e Yoga Chromebook Gen 4 dan Lenovo 14e Chromebook Gen 3 yang menggunakan prosesor Intel.

Lenovo mengatakan bahwa laptop-laptop baru yang ditujukan untuk pendidikan ini bakal tersedia mulai Q1 2023. Hal tersebut tentu saja untuk laptop Windows 11 dan Chromebook-nya. Belum jelas apakah laptop-laptop ini nantinya akan tersedia di Indonesia atau tidak.