Dark
Light

Leica X-U Adalah Kamera Pertama Leica yang Siap Diajak Menyelam

1 min read
January 21, 2016

Mendengar nama Leica, Anda pasti membayangkan sebuah kamera dengan harga selangit yang harus dirawat dengan penuh kasih sayang. Pastinya tidak ada orang yang cukup ‘gila’ untuk mengajak kamera seharga puluhan juta berenang dan mengambil potret dalam air begitu enaknya.

Namun Leica sepertinya ingin mengubah anggapan bahwa kamera-kamera besutannya tidak sanggup menahan keganasan cuaca maupun lingkungan di sekitarnya. Mereka pun merilis Leica X-U (Typ 113), kamera pertamanya yang dirancang secara khusus untuk keperluan fotografi outdoor dalam cuaca ekstrem maupun di dalam air.

Leica X-U (Typ 113)

Proses desain X-U tidak main-main. Guna menciptakan kamera yang benar-benar tahan banting namun tetap tampak minimalis dan elegan, Leica berkolaborasi dengan tim desain dari Audi. Hasilnya cukup fenomenal. Mau di padang pasir, atau ketika sedang ada hujan badai, atau malah saat Anda ajak mengabadikan taman laut Bunaken – ia bisa menyelam hingga kedalaman 15 meter selama satu jam – X-U siap digunakan kapan saja dan di mana saja.

Di balik keperkasaannya menantang alam tersebut, X-U masih menyimpan nilai khas Leica, yakni kualitas gambar tanpa kompromi. Sensor APS-C CMOS 16,2 megapixel miliknya berpadu manis dengan lensa Summilux 23 mm f/1.7 ASPH, yang menyimpan sebuah LED flash di atasnya. Ukuran sensor serta aperture lensa yang sangat besar ini menjadi jaminan akan keandalan performanya di kondisi minim cahaya.

Leica X-U (Typ 113)

Untuk urusan video, sayangnya X-U hanya terbatas pada 1080p atau 720p dalam kecepatan 30 fps. Padahal seandainya Leica turut menyematkan mode slow-motion, X-U bisa saja merangkap tugas action cam, apalagi mengingat bodi aluminiumnya tahan air dan debu, serta tidak keberatan Anda jatuhkan dari ketinggian 1,2 meter.

Leica X-U (Typ 113)

Leica X-U tidak punya viewfinder. Semua pengaturan komposisi dilakukan lewat LCD 3 inci beresolusi 920 ribu dot yang tertanam di belakang. Sejumlah tombol untuk mengubah setelan secara cepat turut tersedia, lengkap dengan kenop shutter speed dan aperture di panel atasnya.

Akhir Januari ini, Leica akan mulai memasarkan X-U seharga $2.950. Belum ada informasi kapan ia akan diboyong ke sini oleh Leica Store Indonesia.

Berikut adalah contoh hasil jepretan Leica X-U yang diambil oleh fotografer Jody MacDonald. Selengkapnya bisa Anda lihat langsung di situs resmi Leica.

Leica X-U (Typ 113) Sample Image

Leica X-U (Typ 113) Sample Image

Sumber: PetaPixel.

Previous Story

Dibekali Fitur TeachSmart, Acer TravelMate B117 Dirancang untuk Pelajar

Next Story

Skype untuk Android Peroleh Dua Fitur Anyar

Latest from Blog

Don't Miss

Xiaomi Ajak Pengguna Eksplorasi Night Photography dengan Xiaomi 14T Series

Kehadiran Xiaomi 14T Series ke Indonesia memang mendapat respon yang
bedah-sistem-kamera-smartphone-1

Bedah Sistem Kamera Smartphone dan Cara Optimalkan Fitur Canggihnya

Perkembangan teknologi kamera yang tersemat di smartphone, sangatlah menakjubkan. Menurut