21 December 2018

by Yabes Elia

India, Jepang, dan Korea Selatan akan Turut Serta di Legion of Champions III di Thailand

dan The Headhunters akan jadi perwakilan Indonesia

15 Desember 2018 kemarin, Legion of Champions (LoC) III telah merampungkan kualifikasi untuk Indonesia di Britama Arena alias Mahaka Square, Jakarta Utara. 2 tim yang berlaga di final kualifikasi Indonesia turnamen League of Legends milik Lenovo Legion ini adalah Headhunters dan ZHR.

Tim Headhunters yang digawangi oleh Bayu "Cruzher" Putra Sentosa pun berhasil menaklukkan lawannya. Menariknya, ini adalah kali kedua tim Headhunters berhasil mewakili Indonesia di LoC. Selain mendapatkan tiket untuk berjuang di tingkat yang lebih tinggi mewakili Indonesia, Headhunters juga mendapatkan hadiah sebesar Rp50 juta.

Nantinya, Headhunters akan bertanding lagi di main event LoC III 2019 di Thailand melawan tim-tim dari Hong Kong / Macau, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam dan 3 negara lainnya yang untuk pertama kalinya bergabung di LoC (India, Jepang, dan Korea Selatan). Gelaran tersebut akan diadakan di Central Plaza Ladprao, Bangkok, pada tanggal 25-27 Januari 2019.

Tim Headhunters saat memenangkan kualifikasi LoC III Indonesia. Sumber: Lenovo Legion Indonesia

“LoC merupakan perwujudan komitmen Lenovo untuk mengembangkan komunitas gaming di Asia. Dengan meningkatnya keabsahan dan pengaruh eSports di wilayah Asia Pasifik ini, inisiatif kami adalah menghubungkan sesama gamer dan memberdayakan generasi gamer berikutnya,” kata Ken Wong, President, Lenovo Asia Pacific dalam rilis yang diberikan. “Lenovo Legion didesain dengan memikirkan kebutuhan gamer, dan kami akan terus menyediakan pengalaman serta perangkat gaming yang seru dan relevan.”

“LoC menjadi agenda tahunan di kalendar gaming Asia, dan kami senang menjadi bagian dari turnamen ini untuk ketiga kalinya. Kami melihat dukungan yang besar dari para mitra dan gamer. Dan kami bangga bisa mendukung tim Indonesia dalam perjalanan mereka untuk menjadi juara eSports, serta menyediakan platform bagi mereka untuk meningkatkan kemampuan serta pengalaman.” Kata Diantika, Consumer Marketing Lead, Indonesia, dalam rilis yang sama.

Tahun lalu, pihak Lenovo mengklaim bahwa ada 7000 gamer dan 20 ribu pengunjung yang hadir di acara puncak mereka. Tahun ini, para peserta di main event nanti akan berebut total hadiah sebesar US$35 ribu atau setara dengan Rp472 juta. Sang pemenang turnamen ini nantinya akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar US$7000 dan laptop Lenovo Legion Y530 yang bernilai US$5000.

Saat konferensi pers yang digelar di Hiveworks, Jakarta Pusat, 17 Desember 2018 kemarin, kami sempat menanyakan soal pemilihan tiga negara baru yang akan turut serta di LoC III 2019 di Thailand nanti. Diantika pun menjelaskan bahwa acara LoC ini mendapatkan respons yang sangat positif dari banyak negara karena itulah Lenovo melebarkan sayapnya untuk mengajak lebih banyak negara lagi untuk ikut serta.

Lalu bagaimana dengan respons Headhunters dengan masuknya tim Korsel ke LoC III 2019 nanti? Di kesempatan yang sama, Bayu menjelaskan bahwa strategi yang ia gunakan akan sama dengan strategi untuk menghadapi tim-tim dari negara lainnya. "Cari tahu lawan kita siapa saja, bagaimana permainannya, META apa yang sering mereka pakai. Kita juga merubah gaya latihan kita agar lebih ke quality over quantity. Percuma kalau latihan 12 jam tapi tidak banyak yang bisa didapat." Ujar Bayu.

Final kualifikasi LoC III di Indonesia. Dokumentasi: Lenovo Indonesia

Setelah konferensi pers, kami pun mendatangi Bayu untuk berbincang lebih lanjut. Ia mengatakan bahwa targetnya di sana memang untuk meraih posisi 4 besar. Ia juga menyebutkan 3 negara yang berpeluang besar untuk jadi juara, yaitu Hong Kong, Korea Selatan, dan Thailand.

Terakhir, kami sebenarnya sedikit bingung dengan masuknya Vietnam dan Korea Selatan karena mereka punya liga profesionalnya di negaranya masing-masing sehingga mungkin akan menyulitkan jadwal tim-tim dari sana. Ternyata menurut pengakuan Headhunters, tim-tim Vietnam dan Korea Selatan yang bertanding di sini bukanlah tim-tim yang berlaga di liga profesional negaranya masing-masing. Jadi, bukan tim-tim setingkat SKT T1 ataupun Gen.G yang akan berlaga di sini.

Maka dari itu, peluang Indonesia merebut posisi 4 besar mungkin memang realistis untuk dicapai oleh Bayu dan kawan-kawannya nanti. Apalagi The Headhunters juga bahkan sampai mendatangkan pelatih baru dari Thailand, Iyakup "z0ey" Promboot Korn, untuk membantu mereka mempersiapkan diri untuk Grand Final LoC III 2019. Selamat berjuang ya buat The Headhunters!