Xiaomi Indonesia belum lama ini mengumumkan pencapaian luar biasa untuk penjualan perdana Xiaomi 14 di Indonesia. Dalam waktu satu hari sejak peluncurannya pada tanggal 29 Maret 2024, lebih dari 3.000 unit Xiaomi 14 telah terjual, menunjukkan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat Indonesia terhadap produk ini.
Kesuksesan Xiaomi 14 pada awal peluncurannya ini tidak terlepas dari berbagai faktor. Yang paling utama tentu saja adalah fitur dan spesifikasi kelas atas. Smartphone ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang memberikan performa kencang sekaligus efisien, tidak ketinggalan pula RAM LPDDR5X 12 GB dan penyimpanan UFS 4.0 berkapasitas 256 GB.
Xiaomi 14 juga memiliki layar AMOLED 6,36 inci dengan refresh rate adaptif hingga 120 Hz. Saat digunakan di luar ruangan, layar ini dapat mencapai tingkat kecerahan puncak hingga 3.000 nits.
Di sektor kamera, Xiaomi 14 hadir membawa kamera utama 50 megapiksel dengan lensa optik Leica Summilux f/1.6, sensor gambar Light Fusion 900, dan dynamic range hingga 13,5 EV.
Kamera ultra-wide miliknya pun telah ditingkatkan resolusinya menjadi 50 megapiksel, juga dengan lensa premium Leica. Melengkapi konfigurasi kameranya adalah lensa floating telephoto Leica 75mm yang telah diakui kualitasnya, dengan jarak fokus minimum hanya 10 cm.
Fitur dan kinerja kelas atas ini turut didampingi baterai berkapasitas 4.610 mAh yang telah mendukung HyperCharge 90 W dan wireless HyperCharge 50 W, serta sistem manajemen baterai Xiaomi Surge.
Semuanya dikemas dalam desain fisik yang premium serta ringkas, dengan dimensi 152,8 mm x 71,5 mm x 8,20 mm dan bobot 193 gram. Sisi belakangnya yang dibingkai backdoor kaca lengkung tampak elegan bersama housing kamera yang mengotak.
Faktor lain yang juga mempengaruhi kesuksesan Xiaomi 14 adalah antusiasme luar biasa dari para Xiaomi Fans di Indonesia. Dengan banderol harga Rp11.999.000, Xiaomi 14 jelas tidak bisa dikatakan murah, namun itu rupanya tidak mencegah para pendukung setia Xiaomi untuk meminangnya secara langsung di hari pertama penjualannya.