Dark
Light

Layanan Platform Penerbitan Medium Rilis Versi 1.0

by
1 min read
December 6, 2013

Masih ingat dengan layanan platform penerbitan atau boleh kita sebut juga layanan blogging, Medium? TRL sempat membahasnya beberapa waktu lalu, ketika itu layanan yang dikembangkan oleh salah satu pendiri Twitter ini membuka diri untuk pengguna umum. Kini mereka mengumumkan pembaruan lagi.

Lewat pengumuman resmi, Ev Williams (yang lebih dikenal sebagai salah satu pendiri Twitter) menjelaskan bahwa kini Medium telah memasuki versi 1.0. Medium 1.0 ini akan menghadirkan desain dalam pengalaman menulis dan membaca bagi pengguna Medium serta perubahan dari fitur koleksi.

Medium adalah layanan untuk mempublikasikan tulisan, selain tampilannya yang minimalis dan berfokus pada proses menulis, Medium menyediakan apa yang disebut Collections (koleksi), dimana pengguna bisa mengumpulkan tulisan dalam satu tema tertentu.

Selain untuk menulis, Medium pun menjadi tempat membaca berbagai artikel seru dengan tampilan yang tetap berfokus pada teks, meski menyediakan pula fitur untuk memyematkan foto serta konten lain.

Nah, di Medium 1.0 kali ini pengguna akan diberi pilihan lebih untuk ‘menghias’ tampilan hasil post mereka. Kombinasi dari tipografi, spasi serta gambar akan tampil lebih cantik, dukungan atas akses dari berbagai perangkat juga akan menambah nyaman pembaca.

Selain itu Medium 1.0 juga memperbaharui fitur koleksi mereka terutama dari cara penggunaan koleksi ini. Kini semua pencipta koleksi menjadi moderator atas koleksi mereka. Ev menjelaskan bahwa dengan perubahan ini pencipta koleksi bisa menjadi editor yang lebih bebas dalam memilih tulisan mana yang cocok untuk dimasukkan dalam tema koleksi tertentu.

Dalam penutupan pengumuman di Medium, Ev Williams menjelaskan bahwa perubahan yang dihadirkan ini akan menyediakan ekosistem yang lebih kuat dalam membantu penulis yang ingin mencari dan membagikan cerita atau ide.

Rilis fasilitas baru yang dihadirkan ini dinamakan Medium 1.0 karena nama ini merepresentasikan batu loncatan bagi produk Medium, selain itu menjadi langkah awal dan permulaan bagi perkembangan Medium ke depannya.

Anda blogger atau baru mau mulai mencoba menulis di ranah online? Medium bisa menjadi pilihan sebagai tempat membagikan karya atau ide tulisan Anda. Informasi Medium bisa didapatkan di artikel TRL berikut ini atau langsung menuju tautan ini.

Screen Shot 2013-12-06 at 11.39.22 AM

Via TheVerge

Previous Story

Niko Partners: Pasar Permainan Online Asia Tenggara Diperkirakan Capai $1,2 Miliar di Tahun 2017

Next Story

Kembalikan Mood Secara Instan Dengan Aplikasi “Mood Booster” Moodoo

Latest from Blog

Don't Miss

Tumblr Umumkan Post+, Mudahkan Kreator Memonetisasi Konten Lewat Sistem Subscription

Semua akan subscription pada waktunya. Bahkan Tumblr, platform blogging yang
Menghitung Gaji Founder Startup

Pertimbangan Menentukan Gaji Founder Startup Menurut Co-Founder Bukalapak Fajrin Rasyid

Selain fokus mengembangkan bisnis, Co-Founder & President Bukalapak Fajrin Rasyid