Dark
Light

Layanan Pembayaran Online Kembali Muncul, Kini Hadir EXrupiah.com

1 min read
October 10, 2011

Beberapa hari yang lalu, DailySocial menuliskan sebuah artikel tentang sebuah layanan pembayaran untuk transaksi di internet yaitu Inapay.com. Sebelumnya juga banyak layanan pembayaran lokal seperti Doku, Unik, IndoMog, Kaspay, dan lainnya.

Kali ini muncul layanan pembayaran online yang termasuk baru, soft launching tanggal 18 September 2011 yang lalu. Layanan pembayaran ini bernama EXrupiah.com, dari CV Exrupiah Putra Mandiri.

Mengutip penjelasan dari blog resmi EXrupiah.com: “EXRupiah sebagai solusi pembayaran transaksi online. Nama EXRupiah merupakan singkatan dari Exchange Rupiah. Sesuai dengan namanya, ExRupiah bertujuan untuk memfasilitasi para pelanggan untuk saling mengirim dan menerima uang dalam rangka jual beli secara aman serta menjamin terpenuhinya hak dan kewajiban masing-masing penjual dan pembeli melalui sistem pembayaran berpengaman ganda (double key payment system).”

Dalam hal penggunaan EXrupiah.com, Suharjono, co-founder dan CEO dari EXrupiah.com, menjelaskan bahwa alur pembayaran melalui EXrupiah dirancang agar memberi keadilan bagi penjual maupun pembeli. Singkatnya setiap pembayaran yang diinisiasi pembeli tidak langsung diterima oleh penjual namun tetap mengurangi uang yang dimiliki pembeli.

Sebagai gantinya masing-masing penjual dan pembeli memperoleh kode pembatalan (diterima penjual) dan kode konfirmasi (diterima pembeli). Kode pembatalan berfungsi untuk membatalkan transaksi sehingga uang kembali ke pembeli sementara kode konfirmasi berfungsi untuk mengkonfirmasi transaksi sehingga uang diterima oleh penjual. Dengan begitu masing-masing pembeli dan penjual memiliki posisi tawar, akhir dari transaksi bergantung pada kesepakatan antara penjual dan pembeli. Sayangnya, bagi pengguna yang ingin melakukan top-up untuk menambah saldo, hanya dapat mentransfer uangnya ke No. Rekening Bank Mandiri milik EXrupiah saja, tampaknya belum disediakan untuk pilihan bank.

Suharjono menjelaskan latar belakang didirikannya EXrupiah.com adalah tren transaksi secara elektronik yang sudah mulai menggantikan transaksi menggunakan uang. Dan melihat banyaknya aktifitas jual beli online, Suharjono bersama kedua co-founder yang lain mengembangkan sistem pembayaran online dengan positioning seperti dijelaskan sebelumnya.

Melihat perkembangan tren teknologi mobile yang sangat pesat, EXrupiah juga mengambil peluang itu. Berdasarkan banyaknya masyarakat Indonesia yang hampir semua memiliki ponsel, dan booming smarthphone, EXrupiah mengambil segmen mobile diawal kemunculannya. Untuk saat ini, bisa terlihat ketika layanan mereka tersedia untuk akses dari mobile web, nantinya akan menyusul untuk versi web, mobile apps, dan SMS gateway.

Dari informasi di blognya, EXrupiah.com juga menawarkan layanan mereka bagi para penjual dan pelaku e-commerce dengan layanan EXprice. Ini adalah sebuah fasilitas berupa tombol pembayaran yang bisa disesuaikan dengan nominal harga barang, penjual bisa menambahkan tombol ini di toko online atau lapak di forum jual beli mereka. Ketika meng-klik tombol ini, pengunjung/pembeli akan diarahkan ke halaman EXrupiah, dengan nilai nominal transfer sesuai harga barang dan alamat tujuan transfer ke akun EXrupiah penjual.

Apakah anda tertarik untuk mencoba layanan pembayaran ini?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Menuju National Payment Gateway Indonesia Tahun 2013

Next Story

Multiply Launched Its Newest Appearance

Latest from Blog

Don't Miss

Blibli rayakan ulang tahun ke-12

Ulang Tahun ke-12, Blibli Hadirkan Program “Blibli Annive12sary”

Dengan persaingan yang semakin ketat, eksistensi sebuah e-commerce di Indonesia
TikTok Shop

TikTok Shop Tingkatkan Fitur dan Fasilitas Menjelang Tahun Ketiganya di Indonesia

TikTok merupakan salah satu media sosial yang paling digandrungi saat