16 April 2023

by Yubian Asfar

Lenovo Resmi Pasarkan Legion Pro 7i dan Pro 5i yang Didukung Chip AI

Lenovo AI Engine+ dengan chip AI siap optimalkan performa sistem dan pengalaman bermain game

Seri Lenovo Legion terbaru resmi dirilis pada tahun 2023 ini dengan teknologi baru dan juga lebih baik. Setiap laptop gaming Lenovo terbaru dalam rangkaian kali ini telah diperkuat dengan chip AI khusus pertama di dunia untuk perangkat laptop gaming.

Teknologi ini tidak hanya mendukung Lenovo AI Engine+, namun juga memiliki dukungan software machine learning yang menyediakan pengaturan sistem paling optimal.

“Rangkaian terbaru laptop gaming Lenovo, yang terdiri dari Legion Pro 7i dan Legion Pro 5i ini hadir memiliki tujuan untuk mendukung para gamers dan kreator dengan gaya hidup mereka,” ucap Santi Nainggolan, Consumer Lead Lenovo Indonesia.

Santi juga menambahkan bahwa yang paling menonjol dari rangkaian laptop gaming terbaru ini adalah hadirnya chip AI yang bertenaga dan dapat menganalisis kebiasaan penggunaannya.

Lenovo Sematkan Chip AI Khusus Pertama di Dunia pada Laptop Gaming

Sumber: Lenovo

Diperkenalkan secara resmi pada Januari 2023, chip AI Lenovo Artificial Intelligence (LA) merupakan chip AI khusus pertama di dunia pada laptop gaming, yang ditujukan untuk membawa hasil yang optimal saat memainkan game.

Chip AI ini sendiri didukung Lenovo AI Engine+ tentunya dengan penerapan algoritma software machine learning. Manfaat lainnya yaitu untuk memantau framerate dalam game dan menyesuaikan kinerja sistem, agar pengguna dapat fokus bermain game tanpa harus secara manual menyesuaikan pengaturan.

Lenovo AI Engine+ akan menjalankan algoritma scenario-detection pada hardware yang mengalokasikan daya pada CPU dan GPU untuk mengoptimalkan kinerjanya dan meminimalkan kebisingan kipas dalam sesi permainan.

Teknologi AI sudah bisa digunakan di seri Legion Pro terbaru yang telah dilengkapi dengan Lenovo Legion ColdFront 5.0. Ini merupakan perpaduan sistem pembuangan dan saluran masuk yang masif, sistem kipas ganda bermuatan turbo, phase changing thermal compound, dan heat pipe canggih yang mampu memastikan laptop tetap dingin.

Sumber: Lenovo

Dengan dukungan chip AI yang memantau beban CPU dan GPU, teknologi ini akan membantu mendistribusikan udara dingin dan mengeluarkan panas, hingga total TDP sistem 240W.

Kedua laptop gaming Lenovo ini hadir dengan Windows 11 dan Lenovo Vantage. Lenovo Legion Pro 7i dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp57.999.000 dan Legion Pro 5i dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp30.999.000.

Pembelian sudah termasuk garansi Accidental Damage Protection dan Legion Ultimate Support selama 3 tahun serta dilengkapi dengan Microsoft Office Home and Student yang berlaku seumur hidup.