26 May 2022

by Galih

Corsair Luncurkan Laptop Gaming Pertamanya yang Ditujukan untuk Streamer

Laptop gaming ini memiliki semua hal yang dibutuhkan para streamer.

Nama Corsair mungkin dikenal oleh para gamer sebagai produsen dari komponen desktop seperti RAM dan power supply, hingga ke berbagai perangkat gaming seperti keyboard, mouse, dan juga headset.

Kini, perusahaan asal Amerika Serikat ini menandai pencapaian baru dengan melebarkan sayapnya ke ranah laptop gaming. Corsair secara resmi meluncurkan Corsair Voyager a1600 yang diklaim sebagai laptop gaming dan streaming pertama.

Corsair menargetkan konsumen calon pembuat konten, gamers, ataupun para streamer yang dapat melakukan semua fungsi yang dibutuhkan tersebut dalam satu paket lengkap. AMD bahkan menyebut bahwa laptop ini merupakan "solusi streaming mobile" yang sebenarnya.

AMD memang menjadi partner eksklusif Corsair dalam pengembangan laptop ini. Sehingga untuk komponen prosesor dan GPU yang digunakan di dalamnya semua menggunakan produk AMD. Prosesornya menggunakan AMD Ryzen 9 6900HS yang ditandemkan dengan GPU AMD Radeon RX 6800M.

Pengalaman lama Corsair dalam hal "pendinginan" juga diperlihatkan dalam Corsair Voyager ini. Laptop ini diklaim mampu menjaga komponen-komponen di dalamnya tetap dingin. Padahal laptop ini memiliki bodi yang sangat tipis (19,8 mm).

Hal menarik lainnya dari laptop ini tentu ada pada bagian dalamnya, tepatnya bagian yang berada di atas keyboard. Berkat bergabungnya Elgato ke Corsair sejak 2018 silam, Corsair dapat mengimplementasikan teknologi-teknologi pendukung streaming ke dalam laptop-nya.

Hasilnya, Corsair Voyager memiliki touchbar terdedikasi yang memiliki 10 tombol yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan streaming menggunakan software Elgato Stream Deck. Selain tombol shortcut, laptop ini juga dilengkapi dengan webcam berstandar streaming di atas layarnya.

Image Credit: Corsair

Layar yang digunakan untuk laptop gaming ini berukuran 16 inci dengan resolusi QHD 2960x1440. Untuk memfasilitasi para gamer kompetitif, layar yang digunakan juga telah memiliki refresh rate sebesar 240Hz.

Turun ke bagian bawah, keyboard yang digunakan untuk Corsair Voyager ini menggunakan switch Cherry MX Ultra-Low Profile. Keyboard ini diklaim memiliki presisi mekanis yang dibutuhkan oleh para gamer. Untuk memperindah tampilannya, Corsair menyematkan lampu latar RGB dari LED CAPELLIX yang dikombinasikan dengan softwareCorsair iCue.

Corsair Voyager a1600 ini ditargetkan untuk dipasarkan pada musim panas mendatang. Sedangkan harga yang dipatok untuk laptop ini berada di rentang $2.699-$2.999 (Rp39,4-Rp43,8 jutaan).