16 April 2014

by Yoga Wisesa

Land Rover Pamerkan Concept Car yang Bisa Dikendalikan dengan Smartphone

Dalam film Tomorrow Never Dies, kita sempat tercengang melihat bagaimana Bond mengendalikan BMW 750iL miliknya dengan kontrol layar sentuh di ponsel Ericsson. 17 tahun kemudian, produsen mobil Land Rover asal Inggris mengenalkan sebuah mobil konsep yang bisa dikendalikan dengan perangkat pintar berlayar sentuh. Mobil ini bernama Discovery Vision.

Dari penampilan luarnya, Discovery Vision Concept merupakan iterasi desain modern dan urat nadi Land Rover itu sendiri. Mobile ini terlihat lebih maskulin dibanding Range Rover Evoque yang laris manis. Namun Discovery Vision menyimpan teknologi yang mampu membuat James Bond iri, bahkan beberapa di antaranya lebih canggih dibanding impian terliar Ian Fleming.

Yang pertama, Discovery Vision memiliki seperangkat sensor laser untuk melacak posisi, sistem kontrol gesture dan fitur kap mesin tembus pandang. Kemampuan terakhir ini mengkombinasi kamera dengan teknologi head-up display pesawat tempur.

Sistem kap tembus pandang bekerja layaknya seperti periskop elektronik untuk memproyeksikan gambar di bagian bawah depan chassis ke kaca depan mobil Anda.

 

Info menarik: Menjajal Seagate Backup Plus Fast, Portable Drive Berkapasitas 4TB Pertama di Dunia

 

Kemera merekam dan memproses gambar yang ada di depan mobil. Data dikirim secara digital langsung ke sistem HUD. Gambar akan 'diletakkan' pada kap mobil - sehingga tampak transparan - saat Anda bisa melihatnya dari sisi pengemudi. Sistem ini memberikan ruang pandang yang luas serta mempermudah Anda mempelajari medan.

Sebenarnya teknologi HUD sudah cukup umum pada beberapa mobil kelas luxury ataupun eksekutif untuk memperlihatkan kecepatan dan menampilkan navigasi satelit, tapi sepertinya baru Land Rover-lah yang memanfaatkannya dengan cara yang unik seperti ini. Namun 'kap mesin transparan' bukanlah satu-satunya alasan mengapa Discovery Vision Concept sangat menarik.

Mungkin hingga saat ini, Discover Vision ialah mobil pertama yang rencananya bisa Anda kendalikan dengan handset. Tentu dengan alasan keamanan, Land Rover telah memikirkan berbagai faktor keselamatan.

Anda tidak diperbolehkan mengendalikan mobil ini dari kursi belakang dengan kecepatan tinggi, di bawah desingan peluru senapan mesin, seperti yang Pierce Brosnan lakukan dalam Tomorrow Never Dies. Anda hanya bisa mengendalikannya dari luar mobil, dengan 'kecepatan yang sangat rendah'.

Kita tidak mau ada orang yang memanfaatkan Discovery Vision untuk instrumen kejahatan - seperti tabrak lari berencana. Tapi apakah para desainer dan pencipta aplikasinya dapat memastikan sistem nirawak ini tidak bisa di-bypass ataupun diretas?

 

Info menarik: Buat Catatan Terenkripsi Dengan Aplikasi IO Notes Untuk Android

 

Selain yang telah disebutkan di atas, apalagi yang mobil ini miliki? Discovery Vision dirancang dengan kemampuan off-road yang ekstrim, 4-wheel drive, mampu malahap medan tak bersahabat seperti semak, jalan berlumpur bahkan hingga sungai kecil. Discovery Vision Concept dilengkapi dengan teknologi Wade Aid yang mampu mengukur kedalaman air, mencegah mobil ini tersangkut.

Pintu belakang terbuka berkebalikan arah dengan pintu di depan. Mobil mampu memuat tujuh penumpang dengan setting yang bisa Anda atur dari layar sentuh. Bagian lampunya memanfaatkan laser headlamp yang menyimpan teknologi smart object tracking untuk meningkatkan keamanan.

Land Rover Discovery Vision akan dipamerkan dalam ajang New York Motor Show minggu ini dan dipasarkan akhir tahun depan. Ia ditawarkan dengan harga kurang lebih US$ 50.100.

Sumber: DailyMail.co.uk. Sumber gambar: NYDailyNews.com.