Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Be The One, Lagu Tema PMPL Indonesia 2020 Season 1

5 March 2020Akbar Priono

Berkolaborasi dengan Band Arah, Tencent rilis Lagu Tema PMPL Indonesia 2020 Season 1. Lagu dengan judul 'Be The One' merupakan musik orisinil Band Arah

Tahun 2020, menjadi lembaran baru bagi skena kompetitif PUBG Mobile. Salah satunya adalah kehadiran PUBG Mobile Pro League (PMPL), liga PUBG Mobile yang akan diselenggarakan secara lokal untuk masing-masing negara. PMPL Indonesia 2020 Season 1 sendiri sudah akan segera dimulai. Menyambut hal tersebut, Tencent pun berkolaborasi dengan band Arah untuk membuat lagu tema bertajuk “Be The One”.

Band Arah, yang sempat mengisi soundtrack film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, merupakan kelompok musik yang berisikan selebriti ternama di dunia entertainment Indonesia. Band ini digawangi oleh Aktor Tanta Ginting sebagai pemain Gitar dan Backing Vocal, bersama dengan Aktor Roy Sungkono yang mengisi bagian Lead Vocal, musisi Gilbert Pohan sebagai pemain Bass, serta News Anchor Azizah Hanum sebagai pemain Drum.

Menariknya, beberapa personil band Arah ternyata juga bermain PUBG Mobile. Hal ini mereka ceritakan sendiri saat sedang proses shoot Music Video (MV) Lagu Tema PMPL Indonesia 2020 Season 1. Roy Sungkono sang vokalis bahkan merasa kesempatan kolaborasi membuat soundtrack untuk PMPL Indonesia 2020 Season 1 seperti mimpi jadi nyata.

Band arah saat proses shoot MV Be The One
Sumber: Hybrid – Akbar Priono

“Jadi pengisi musik untuk game yang gue mainkan itu rasanya nggak kepikiran sama sekali! Kebetulan gue juga gamers sedari dulu dan main PUBG Mobile juga. Mendapat kesempatan mengisi soundtrack untuk PUBG Mobile itu seperti mimpi jadi nyata.” ucap Roy.

Perbincangan lalu berlanjut kepada soal proses kreatif pembuatan lagu Be The One. Tanta Ginting ketika itu mengaku, bahwa proses pembuatan lagu Be The One sebenarnya hanya dua minggu saja. “Waktu itu diajak Tencent untuk membuat lagu tema PUBG Mobile Pro League. Sebagai fans dan juga pemain PUBG Mobile, gue sontak bilang ‘AYO!’ ucapnya “Lalu setelah itu diberi tahu bahwa waktunya cuma dua minggu, tambah kaget lagi gue! Langsung gue kontak teman-teman, mereka ternyata juga excited dengan ajakan ini.”

Gilbert Pohan yang berada di Jogja saat membuat lagu ini lalu menceritakan proses pembuatan Be The One. “Ketika dapat kabar dan waktunya cuma dua minggu, gue langsung semangat! Jiwa kreatif gue langsung bergejolak saat sedang terdesak. Proses pembuatannya betul-betul mengalir. Gue bayangkan saja seperti lagi sedang main PUBG. Setiap menemukan inspirasi, gue rekam sedapatnya pakai voice note, lalu kirim ke kawan-kawan Arah. Jadi kalau dihitung-hitung, proses mulai dari demo, workshop, sampai akhirnya full satu lagu kami kerjakan cuma dalam satu minggu saja.”

Band arah bersama kru setelah proses shoot MV Be The One
Sumber: Hybrid – Akbar Priono

Azizah Hanum sang pemain drum lalu kembali melanjutkan ceritanya. “Untuk bikin lagu ini, kita workshop 3 hari berturut-turut selama 6 sampai 7 jam setiap harinya!” ucap sosok pembawa berita di salah satu media nasional ternama tersebut. “Awalnya gue agak buta sama PUBG, tapi gue tanya-tanya ke Roy dan Tanta soal istilah di PUBG. Gara-gara itu juga, istilah-istilah PUBG masuk ke dalam lirik lagu seperti ‘take your best shot’, atau ‘final zone closing’.

Dalam satu bagian lagu, ada teriakan Winner-Winner Chicken Dinner yang bisa membuat para pendengarnya jadi membara dengan semangat kompetisi. Azizah Hanum yang menggagas bagian ini lalu menceritakan. “Jadi itu sebentulnya gara-gara gue sering banget mendengar Roy dan Tanta teriak kata-kata itu. Jadi saat ada bagian lagu di mana tempo musik melambat, gue teriak ‘Winner-Winner Chicken Dinner!’ sampai akhirnya semua setuju bagian itu masuk ke dalam lagu.”

Be The One akan menjadi theme song gelaran PUBG Mobile Pro League Indonesia 2020 Season 1. Liga PUBG Mobile pertama di Indonesia ini akan memperebutkan hadiah sebesar US$150.000 (sekitar Rp2,2 miliar), babak Regular Season akan diselenggarakan mulai dari tanggal 6 Maret 2020 sampai 29 Maret 2020 mendatang, dan diselenggarakan secara offline di Studio Sepat 72, Pasar Minggu, Jakarta.

24 tim peserta PUBG Mobile Pro League Indonesia 2020 akan bertanding memperebutkan slot 16 besar untuk bertanding di gelaran puncak PUBG Mobile Pro League Indonesia 2020 yang akan diselenggarakan tanggal 4 sampai 5 April 2020 mendatang.

Terkait kolaborasi ini, Agung Chaniago PUBG Mobile Esports Manager Indonesia juga turut memberikan komentarnya. “Kolaborasi ini bertujuan sebagai bukti bahwa PUBG Mobile mendukung seluruh kreatifitas para penggunanya. Personil band Arah merupakan pemain PUBG Mobile juga, berangkat dari sana kami akhirnya memutuskan untuk melakukan kolaborasi ini. Theme song PMPL Indonesia 2020 buatan Arah yang bertajuk Be The One ini sangat bagus. Menurut saya, lagu ini mewakili perjalanan para esportsplayer yang ingin mengejar mimpinya menjadi juara. Kombinasi musik dan suara in-game memberikan makna yang sangat kuat, khususnya bagi para gamers dan pecinta musik di Indonesia.”

Mengakhiri percakapan, Tanta Ginting mewakili Band Arah lalu memberikan sedikit harapannya atas lagu yang telah mereka ciptakan untuk PUBG Mobile Pro League 2020. “Semoga semua pemain PUBG Mobile suka sama lagunya, dan bisa menjadi anthem song di berbagai momen kehidupan kalian, entah ketika sedang bermain PUBG Mobile atau pada kehidupan sehari-hari.”

Rekomendasi Artikel

From Our Network

Play video

3 June 2021

HY ESPORTS

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV