Dark
Light

Kurio, Aplikasi Pembaca Konten Buatan Lokal Telah Tersedia Untuk Pengguna iOS, Versi Android Menyusul

by
2 mins read
November 18, 2013

Satu lagi aplikasi buatan lokal yang layak dicoba telah hadir dan bisa diunduh di App Store. Aplikasi bernama Kurio ini adalah aplikasi untuk membaca konten yang bisa dipersonalisasi sesuai keinginan pengguna.

Kurio sendiri dikembangkan oleh Merah Putih Inc, yang juga merupakan investor dari perusahaan induk dimana Trenologi berada, DailySocial. Secara awal aplikasi ini mirip dengan aplikasi pembaca konten seperti Flipboard, Pulse atau Zite, namun dalam blog resmi dijelaskan beberapa perbedaannya.

Kurio adalah aplikasi untuk menemukan konten yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Anda bisa menentukan konten apa yang ingin dibaca, menjelajah berbagai pilihan dan memilih beberapa topik untuk secara rutin dibaca. Aplikasi ini tidak hanya berfokus pada konten berupa berita tetapi juga berbagai informasi yang berguna lainnya seperti tema hobi, startup, pemasaran, pemrograman, kepemimpinan, desain, travel, kewirausahaan dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini menggunakan mesin yang bisa mempelajari perilaku pengguna dan menyusun pilihan konten yang disesuaikan dengan ketertarikan penggunanya. Dalam aplikasi nantinya ada tombol khusus (berbentuk hati) yang berguna untuk ‘mencatat’ konten apa yang disukai pengguna.

Setelah mengunduh aplikasi ini, Anda bisa mendaftarkan diri menggunakan akun Twitter dan Facebook tetapi Anda bisa menjelajah konten tanpa mendaftar. Ada berbagai pilihan topik yang bisa dijelajah mulai dari gadget, startup, musik, desain, media sosial dan banyak pilihan konten atau memilih sumber konten (situs) yang telah disiapkan oleh Kurio, termasuk Trenologi sendiri.

Setelah memilih, Anda langsung bisa menikmati pilihan konten, kategori bisa ditemukan di bulatan khas Kurio di bagian kanan bawah, akan muncul penyajian pilihan menu yang unik khas Kurio.

Screen Shot 2013-11-18 at 10.02.33 AM

Dari menu ini Anda bisa berpindah pilihan kategori atau sumber bacaan yang telah ditentukan sebelumnya. Ketika membaca konten Anda bisa menggeser ke bawah untuk membaca artikel, sedangkan untuk berpindah artikel Anda bisa menggeser ke kanan atau ke kiri. Untuk kembali ke daftar konten Anda bisa men-tap tombol panah di bagian atas kiri.

Di Aplikasi ini pun Anda bisa membagikan konten lewat Facebook atau Twitter. Fitur untuk menyimpan artikel agar bisa dibaca di lain waktu pun hadir dengan integrasi fitur ‘read later’ dengan layanan Instapaper atau Pocket. Jika Anda ingin melihat konten asli, Kurio menyediakan tautan untuk mengarahkan pengguna ke sumber asli artikel.

Pada saat mencoba aplikasi ini, beberapa ketidaknyaman hadir, misalnya format teks artikel yang kurang rapih, atau ada pula ketika membaca konten yang memuat video, tombol play berjalan otomatis. Namun, seperti yang dituliskan di blog resmi, Kurio menyadari hal ini dan akan berusaha memperbaikinya.

Beberapa hal lain, seperti yang dituliskan rekan kami di DailySocial, adalah percampuran konten yang berbahasa Indonesia dan Inggris. Saya sendiri tidak masalah dengan hal ini, namun bisa jadi pengguna lain ada yang tidak nyaman, plus untuk pengguna luar mungkin tidak akan bisa membaca artikel yang berbahasa Indonesia.

Mengenai hal ini, Kurio telah memberikan penjelasannya, bahwa aplikasi ini sebenarnya difokuskan untuk pengguna lokal dengan menghadirkan sumber dan artikel berbahasa Indonesia. Namun demikian, dikarenakan masih sedikitnya sumber berbahasa Indonesia untuk beberapa kategori konten maka penggabungan dilakukan. Selain itu, dalam pembaruan yang nanti akan dirilis untuk aplikasi ini, dijelaskan bahwa Kurio akan melakukan pembedaan atas konten dan membiarkan pengguna memilih mana yang ingin dibaca, apakah gabungan antara konten berbahasa Inggris dan Indonesia atau hanya bahasa Inggris.

Satu hal lain yang saya temukan dalam menggunakan aplikasi ini adalah, ketika memuat konten yang telah dipilih untuk dibaca, Kurio terasa agak lambat dalam memunculkan kotennya. Mudah-mudahan kekurangan ini bisa ditingkatkan di rilis selanjutnya.

Screen Shot 2013-11-18 at 10.03.00 AM

Meski demikian, secara keseluruhan pengalaman penggunaan Kurio cukup menyenangkan. Beberapa detail unik seperti cara penyajian topik yang desainnya seperti kipas, serta efek beralih konten membuat aplikasi ini punya ciri khas. Pilihan konten yang bermacam-macam termasuk juga dari beberapa situs pilihan juga memudahkan pengguna. Aplikasi buatan pengembang lokal ini cukup layak untuk dicoba dan dijadikan teman membaca berbagai konten yang ada di internet.

Saat ini Kurio baru tersedia untuk pengguna iOS, disebutkan bahwa versi Android akan segera menyusul. Kurio bisa diunduh lewat tautan ini. Untuk yang masih penasaran dan ingin membaca sendiri berbagai penjelasan tentang aplikasi Kurio, bisa menuju situs resmi.

2 Comments

  1. Sangat membantu membuka wawasan , untuk itu mohon kiranya dpt mendownload applikasinya

    Thanks
    Irwan

  2. sebenarnya layanan dari kurio hampir mirip dengan BABE hanya kurio marketingnya kurang, jadinya masih banyak yg belum tau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

[Manic Monday] Perang Terhadap DRM Mungkin Sudah Dimenangkan, Tapi…

Next Story

Ini Dia Hasil Speedtest Bolt 4G

Latest from Blog

Don't Miss

Pixel 9 Pro XL: ‘Kembaran’ iPhone yang Hampir Sempurna

Tulisan berikut ini adalah tulisan tamu oleh Aryo Meidianto –
Review-HP-OMEN-Transcend-16,-Laptop-Gaming-OMEN-Teramping-dan-Teringan-untuk-Gamer-Modern

HP OMEN Transcend 16, Laptop Gaming OMEN Teramping dan Teringan untuk Gamer Modern

Zaman sudah berubah, gamer masa kini bukan lagi sosok yang