Dark
Light

Kuartal Pertama 2013, Android Berkuasa di Asia Tenggara dan Indonesia

by
1 min read
May 17, 2013

Dalam sebuah riset, GfK merilis perhitungan penjualan smartphone di wilayah Asia Tenggara. Dalam periode Januari – Maret 2013 atau kuartal pertama tahun 2013 ini, Android menjadi ‘raja’.

Sebelumnya hasil laporan dari Gartner juga menyebutkan bahwa Android mendominasi sistem operasi dari perangkat bergerak yang telah dibeli oleh konsumen secara global untuk kuarter pertama tahun 2013. Nah, di wilayah Asia ternyata juga sama.

Dari 12,8 juta smartphone yang terjual di semua negara Asia Tenggara, 8,8 juta atau 69% adalah perangkat Android. Bagaimana dengan Indonesia? Penjualan Android dilaporkan mendominasi dengan angka 51% untuk kuarter pertama ini dari seluruh penjualan smartphone.

Dari 4.5 juta smartphone yang terjual di Indonesia, pada kuarter pertama 2013 ada 2.285 juta smartphone Android yang terjual. Meski demikian, BlackBerry tetap dikatakan memiliki basis yang kuat di Indonesia untuk jumlah secara total (tidak hanya kuarter pertama).

Persaingan antar sistem operasi memang cukup sengit, apalagi perangkat Android murah kini terus bermunculan, di sisi lain BlackBerry juga tidak mau ketinggalan, mereka telah menyiapkan BlackBerry Q5 untuk pasar menengah. Nokia juga punya kejutan dengan Asha 501 dengan Asha Platform yang terbaru dan akan tersedia mulai Juni. Untuk iOS, perhelatan WWDC dalam waktu dekat akan memberikan penyegaran untuk sistem operasi mereka.

Laporan dari Gartner untuk kuarter pertama 2013 secara global memang menampilkan Android ada di atas iOS dan BlackBerry serta Microsoft. Namun demikian untuk kuarter kedua perkembangan tetap menarik untuk diikuti. Termasuk bagaimana nanti perkembangannya untuk wilayah Asia Tenggara khususnya di Indonesia.

Sumber data Gfk dan gambar dari Cnet, sumber artikel dari DailySocial.

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc.

Previous Story

Yahoo Akan Beli Tumblr?

Next Story

Game Gran Turismo 6 Akan Segera Hadir, Ini Trailer-nya

Latest from Blog

Don't Miss

Review Infinix Note 40 Pro 5G, Smartphone All Rounder Cakepnya Merata

Di tahun 2024 ini, Infinix memperketat persaingan pasar smartphone kelas
Review Poco X6 5G Hybrid

Review Poco X6 5G, Performa Ekstrem dan Sudah Dapat Pembaruan HyperOS

Poco X6 membawa layar AMOLED 120Hz dengan Dolby Vision lalu