Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Kualifikasi Turnamen Dota 2 Stockholm Major Tabrakan dengan Tahun Baru Imlek

7 January 2019Ayyub Mustofa

EHOME dan PSG.LGD sama-sama berkata bahwa jadwal Stockholm Major ini menyusahkan mereka

DreamLeague selaku organizer turnamen Dota 2 Stockholm Major telah mengumumkan jadwal kualifikasi untuk kompetisi tersebut. Sesuai aturan Dota Pro Circuit, Stockholm Major tidak memiliki tim undangan langsung ke babak utama, jadi semua tim partisipan harus melalui babak kualifikasi terlebih dahulu. Turnamen yang memiliki nama asli DreamLeague Season 11 ini terbagi menjadi dua tahap kualifikasi, yaitu Open Qualifiers dan Closed Qualifiers.

Terdapat enam wilayah kompetisi yang dapat mengikuti kualifikasi ini, yaitu Amerika Selatan, Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS), Asia Tenggara, Amerika Utara, Eropa, dan Tiongkok. Setiap wilayah memiliki turnamen kualifikasi sendiri, namun pelaksanaannya akan dilakukan serentak sesuai jadwal yang diberikan DreamLeague. Dari seluruh peserta Open Qualifiers, akan diambil empat tim terbaik, kemudian mereka akan diadu bersama empat tim undangan di babak Closed Qualifiers.

Nantinya, dari enam wilayah kompetisi tersebut, akan diambil 15 tim terbaik yang berhak maju ke babak utama Stockholm Major, ditambah 1 tim pemenang turnamen Minor (saat ini belum diumumkan akan digelar di mana). Babak Open Qualifiers dilaksanakan di akhir Januari, dengan jadwal sebagai berikut:

  • Open Qualifiers 1: 24 – 25 Januari 2019
  • Open Qualifiers 2: 26 – 27 Januari 2019

Setiap wilayah kompetisi memiliki dua sesi Open Qualifiers, dan tim yang berhasil meraih Top 2 di masing-masing Qualifier akan maju ke babak Closed Qualifiers.

Beda dari Open Qualifiers, di mana turnamen semua wilayah dijalankan bersamaan, babak Closed Qualifiers akan dibagi menjadi dua periode atau grup berdasarkan wilayah. Periode pertama yaitu kualifikasi untuk tim-tim asal Amerika Selatan, Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS), dan Asia Tenggara. Periode kedua untuk kualifikasi tim-tim asal Amerika Utara, Eropa, dan Tiongkok.

Berikut ini jadwal Closed Qualifiers di Stockholm Major:

  • Closed Qualifiers Group 1 (SA/CIS/SEA): 1 – 3 Februari 2019
  • Closed Qualifiers Group 2 (NA/EU/CN): 4 – 6 Februari 2019
xiao8
xiao8, mantan juara The International 2014 | Sumber: GosuGamers

Jadwal ini ternyata menimbulkan masalah. Pertandingan Closed Qualifier untuk Group 2 (NA/EU/CN) jatuh pada tanggal 4 – 6 Februari. Artinya, tim-tim asal Tiongkok harus mengikuti babak kualifikasi di tengah perayaan Tahun Baru Imlek. Padahal bagi masyarakat Tiongkok, Tahun Baru Imlek yang jatuh di tanggal 5 Februari 2019 merupakan hari libur yang sangat berharga.

“Jadwal ini memaksa tim-tim Tiongkok untuk melepas liburan Festival Musim Semi (Imlek), dan juga kami tidak bisa beristirahat. Kami harus terus menjaga intensitas latihan,” demikan ujar xiao8 (Zhang Ning), pelatih tim EHOME sebagaimana dilaporkan VPEsports.

Sebagai peraih peringkat dua di Bucharest Minor China Qualifier, EHOME harus terbang ke negara Rumania untuk mengikuti babak utama turnamen tersebut pada tanggal 9 Januari. Seandainya mereka memenangkan Bucharest Minor, maka mereka harus langsung bersiap menghadapi Chongqing Major pada tanggal 19 – 27 Januari nanti. Saat ini daftar tim undangan Closed Qualifiers Stockholm Major belum diumumkan. Bila ternyata EHOME tidak menerima undangan, bisa-bisa mereka harus mengikuti Open Qualifiers Stockholm Major di tengah pelaksanaan Chongqing Major.

Tidak hanya EHOME, tim lain yaitu PSG.LGD juga mengutarakan keluhan serupa. Apalagi di PSG.LGD ada pemain yang sudah berkeluarga dan memiliki dua anak, yaitu fy (Xu Linsen). Tentunya fy ingin bisa menghabiskan waktu di rumah dan merayakan Tahun Baru Imlek yang merupakan budaya tradisional Tiongkok. Tetapi meninggalkan Stockholm Major yang menjanjikan hadiah US$1.000.000 dan 15.000 DPC Points bukan pilihan mudah. Semoga saja DreamLeague selaku penyelenggara Stockholm Major dapat menemukan jalan tengah yang terbaik.

Sumber: GosuGamers, DreamHack, VPEsports

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV