Gadget News
for SEO
Gadget News

Kreator Spark AR di Indonesia Berkesempatan untuk Berkompetisi pada Metavolution dari Meta

28 April 2022Dimas Galih W.

Anda gemar membuat karya AR? Saat ini sedang ada kompetisi yang berlangsung dan diadakan oleh Meta.

Saat ini sudah banyak karya Augmented reality (AR) yang sering digunakan pada sebuah smartphone, khususnya pada sosial media seperti Facebook dan Instagram. Hal itu terjadi karena banyaknya aplikasi untuk membuat dan mengembangkan AR yang tersedia di internet. Salah satu yang banyak digunakan adalah Spark AR Studio. Software studio yang diluncurkan pada tahun 2019 silam ini sudah bisa digunakan oleh siapa pun dan tidak hanya orang-orang tertentu saja.

Saat ini, Meta berkolaborasi dengan Hacktiv8, menggelar Metavolution with Spark ARsebuah program kompetisi dan pelatihan bagi para kreator SparkAR kreator di Indonesia. Bagi yang belum tahu, Hacktiv8 merupakan sebuah platform pengembangan developer dan programmer di Indonesia. Tidak hanya pelatihan, program ini juga akan memberikan kesempatan bagi kreator untuk memamerkan karya mereka kepada calon klien sehingga membuka peluang kerjasama. Hal ini tentu akan lebih membangun dan menumbuhkan komunitas dan ekosistem kreator Spark AR di Indonesia.

“Kreator Spark AR di Indonesia terus tumbuh dan berhasil menciptakan karya-karya AR effects yang menarik, yang dapat memberikan sentuhan pengalaman metaverse bagi komunitas dan bisnis untuk dapat saling berbagi dan terhubung. Untuk itu, kami di Meta akan terus mendukung lahirnya lebih banyak kreator Spark AR dan memberikan kesempatan lebih besar kepada mereka menciptakan AR effect yang dapat membawa manfaat dan dampak ekonomi. Metavolution with Spark AR akan menjadi sebuah program bagi para kreator Spark AR untuk mengembangkan kemampuan mereka dengan keahlian-keahlian baru, tips dan trik membuat effect yang menarik, serta bagaimana mereka dapat belajar menawarkannya kepada komunitas bisnis,” ujar Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia.

Meta akan mengumpulkan lebih dari 200 developer dari seluruh Indonesia, yang mana mereka diminta untuk melakukan tes teori dan menyerahkan portofolio atau contoh hasil karya AR effect yang pernah mereka buat. Dari 200 peserta terpilih, Meta dan Hacktiv8 akan memilih 50 kreator terbaik yang akan mengikuti program bootcamp selama kurang lebih 4 minggu. Selama bootcamp, peserta akan belajar beragam hal seperti seluk-beluk AR effect tingkat lanjut, pengembangan diri dan personal branding, hingga bisnis dan pemasaran. Kurikulum ini dinilai dapat memberikan keahlian bagi kreator untuk mengembangkan kemampuan teknis dan mengambil kesempatan ekonomi dari hasil karya mereka.

Di akhir program, ke-50 kreator terpilih ini akan masuk ke tahap pitch fest, di mana mereka berkesempatan untuk ambil bagian dalam sebuah program bertema Metaverse dan Kreator yang akan digelar oleh Meta di Indonesia pada pertengahan 2022. Di sini, para kreator Spark AR akan mendapatkan tugas membuat AR effect sesuai dengan tema yang diberikan. Tim juri akan menilai, dan pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan total hadiah uang tunai senilai Rp 120juta.

Melalui program Metavolution with Spark AR, Meta memprediksi akan lahir sekitar 400 karya AR effect baru yang dapat dimainkan dan digunakan oleh banyak orang di atas platform Instagram dan Facebook. Dan tentunya, semua itu dibuat oleh para developer dari Indonesia.

Pendaftaran Metavolution with Spark AR sudah dibuka saat ini dan akan ditutup pada 22 Juni 2022 nanti. Program bootcamp-nya sendiri akan digelar pada bulan Juni hingga Juli 2022, lalu dilanjutkan dengan pitch fest di bulan yang sama. Pendaftarannya sendiri tidak dipungut biaya sama sekali dan untuk mereka yang masuk dalam kriteria bakal diberikan insentif. Untuk pendaftaran dan keterangan lebih lanjut silakan kunjungi website https://meta.hacktiv8.com/.

Sumber gambar: Hacktiv8.com

Play video

23 June 2022

Daftar Adaptasi Animasi dari Game #hybridhighlight Eps. 6

HybridHighlight kali ini akan membahas tentang daftar animasi yang merupakan adaptasi dari game. Apa saja animasi itu?

Others from #HybridTV