Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Valve Dikabarkan Tengah Mengerjakan Konsol Handheld Baru

28 May 2021Adi Nawan

Konsol genggam ini sendiri kemungkinan akan bernama SteamPal

Dominasi Nintendo dalam hal konsol genggam (handheld) memang masih belum bisa disaingi oleh siapapun. Smartphone mungkin kini menjadi solusi bermain game portabel bagi mayoritas orang, namun tentunya ia tidak dapat menawarkan pengalaman bermain game sebaik handheld Nintendo seperti Switch, Game Boy, dll.

Namun ketenangan Nintendo di pasar konsol genggam kelihatannya akan segera terusik karena menurut laporan terbaru yang dilansir dari Ars Technica, Valve dilaporkan tengah mengembangkan sebuah konsol portabel ala Switch yang digunakan untuk memainkan game dari Steam.

Dari informasi yang ada, proyek konsol misterius ini memiliki kode nama SteamPal. Nama ini sendiri belum resmi dan kemungkinan akan diganti saat konsolnya benar-benar dirilis nanti. Kode nama SteamPal ini pertama kali ditemukan di dalam launcher terbaru Steam. Yang menarik SteamPal direferensikan untuk dirilis pada akhir tahun 2021 ini.

Steam Remote Play yang memungkinkan memainkan game Steam di smartphone secara streaming (Image credit: Steam)

Mengenai konsol portabelnya tersebut, dilaporkan bahwa SteamPal akan memiliki kontroler dan juga dukungan layar sentuh. Dan mirip seperti Switch konsol ini juga disebut-sebut akan memiliki fungsi dock untuk memainkannya di layar/TV. Perbedaannya adalah SteamPal tidak akan memiliki fitur joystick yang bisa dicabut-pasang namun akan memiliki sambungan kabel USB biasa bila dock-nya tidak ada.

Untuk hardware-nya, SteamPal dikabarkan akan menggunakan APU baik dari AMD maupun Intel dan akan memiliki basis sistem Linux. Meskipun disebutkan juga bahwa sistem konsolnya tetap mampu menjalankan game-game berbasis Windows.

Steam Machine dari Alienware (Image credit: Valve)

Belum ada pernyataan resmi dari Valve mengenai SteamPal ini, tetapi beberapa sumber menyebutkan bahwa Valve memang tengah mengerjakan konsol gaming portabel dan ternyata sudah dikembangkan selama beberapa waktu lalu.

Yang seharusnya masih membuka jendela kemungkinan bagi Valve untuk memperkenalkan SteamPal ini sebelum tahun 2021 berakhir nanti. Bos dari Valve, Gabe Newell memang sempat memberikan sinyal bahwa dirinya tertarik untuk membawa Steam ke konsol dan mungkin SteamPal akan jadi langkah besar bagi Steam untuk memberikan pengalaman bermain baru bagi pemainnya.

Sayangnya, perlu diperhatikan bahwa ini bukanlah kali pertama Valve mencoba terjun ke dunia hardware. Karena sebelumnya mereka telah mencoba merilis Steam Machine yang diposisikan sebagai pesaing konsol, namun ternyata kurang berhasil di pasaran. Apakah akhrinya Valve bisa berhasil dengan SteamPal ini nantinya?

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV