30 November 2022

by Glenn Kaonang

Porsche Siap Luncurkan Koleksi NFT, Utamakan Kolaborasi Kolektor dan Artis

Kolektor NFT Porsche bakal bisa menentukan arahan desain dari aset NFT yang dibelinya

Perkembangan ranah Web3 yang begitu pesat dalam dua tahun terakhir memaksa banyak brand dari berbagai industri untuk beradaptasi dengan tren ini. Tidak sedikit brand besar yang sudah menjalankan inisiatif NFT dan meraup sukses, namun di saat yang sama masih ada beberapa brand top lain yang memilih untuk lebih berhati-hati dalam mengeksekusi strategi Web3-nya.

Salah satu contohnya adalah Porsche. Pabrikan otomotif asal Jerman tersebut baru saja menjalani debutnya di ranah Web3 dengan mengumumkan sebuah koleksi NFT. Dijadwalkan meluncur pada Januari 2023, koleksi ini terdiri dari 7.500 aset NFT yang dibuat berdasarkan mobil sport legendaris Porsche 911 oleh seorang artis 3D kenamaan asal Jerman, Patrick Vogel.

NFT Porsche ini cukup istimewa karena masing-masing kolektor bakal punya andil terhadap desainnya secara langsung. Seperti dijelaskan dalam siaran persnya, masing-masing kolektor nantinya dipersilakan memilih satu dari tiga tema desain buat NFT-nya โ€” Performance, Lifestyle, atau Heritage.

Setiap tema mengusung aspek yang spesifik dari identitas Porsche sebagai brand premium, sekaligus bakal memengaruhi penampilan dan karakter dari aset NFT-nya itu sendiri. Kabarnya, kolaborasi antara kolektor dan artis ini akan berlangsung dalam beberapa fase selama beberapa bulan.

Di situs resmi NFT Porsche, disebutkan bahwa akan ada lebih dari 150 ribu variasi desain yang dapat dihasilkan dari kolaborasi tersebut. Hasil akhir NFT-nya sendiri bakal berupa aset 3D yang di-render menggunakan Unreal Engine 5.

Tak hanya diberi kebebasan dalam menentukan arahan desain NFT-nya, para kolektor tentu juga dijanjikan sejumlah keuntungan lain, utamanya akses eksklusif ke sejumlah acara fisik maupun virtual. Porsche menetapkan kebijakan supaya setiap orang tidak bisa membeli lebih dari tiga aset NFT.

Porsche memastikan proyek NFT-nya ini bukanlah proyek sekali jalan. Pada kenyataannya, Porsche tengah mengeksplorasi sejumlah cara lain untuk mengintegrasikan teknologi blockchain ke bisnisnya. Spesifiknya, Porsche ingin melibatkan ekosistem Web3 dalam pengalaman membeli dan rantai suplainya. Area lain yang sedang dipelajari mencakup isu-isu seputar sustainability dan mobilnya itu sendiri.

Singkat cerita, meluncurkan koleksi NFT baru awal dari visi besar Porsche di dunia Web3. Kalau terbukti sukses, bukan tidak mungkin pabrikan otomotif lain juga akan mengikuti jejaknya.

Sumber: NFT Now.