3 March 2016

by Bambang Winarso

Kirim Dokumen Sekarang Bisa via WhatsApp

Sejumlah pengguna versi terbaru WhatsApp sudah menjumpai fitur ini, namun baru mendukung dokumen PDF

WhatsApp kembali melakukan pembaruan untuk aplikasi mobile-nya, kali ini WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim dokumen ke pengguna lain. Walaupun untuk saat ini baru terbatas untuk dokumen PDF. Menariknya, fitur ini tampaknya tidak hanya dapat ditemukan oleh pengguna versi beta 2.12.493, tapi juga versi terbaru 2.12.453 resmi di Play Store.

Fungsi fitur ini jelas, memudahkan pengguna saling berbagi dokumen di samping foto, video, suara, lokasi dan kontak. Hal ini memungkinkan Anda yang sedang di luar jangkauan desktop untuk mengirim dokumen pekerjaan yang harus segera dilaporkan ke atasan atau rekan bisnis.

Penggunaannya pun sangat mudah, jika Anda sudah menggunakan WhatsApp terbaru, Anda dapat menjumpai tombol baru di menu lampiran yang terletak di sudut kanan atas jendela chat. Sekarang ada enam pilihan, di mana Document diletakkan di urutan pertama sebelum Camera, Gallery, Audio, Location dan Contact.

Bila opsi Document Anda pilih, aplikasi akan secara otomatis menampilkan kumpulan dokumen yang tersimpan di perangkat Anda. Jadi, Anda tidak akan dihantarkan ke aplikasi File Manager pihak ketiga ataupun bawaan. Jika tidak ada dokumen yang didukung, maka aplikasi tidak dapat menampilkan pilihan dokumen yang hendak dikirim. Di jendela tersebut juga disediakan tombol untuk menyortir dokumen berdasarkan nama dan tanggal.

Bagi penerima, dokumen yang diterima akan disimpan ke penyimpanan internal dengan direktori Media/WhatsApp Documents. Kedua pengguna juga dapat mengatur melalui menu Settings – Media Auto-download, apakah ingin mengunduh dokumen secara otomatis baik ketika terhubung melalui data seluler atau Wi-Fi.

Perubahan terbaru yang juga dihadirkan WhatsApp, terletak pada informasi kontak dan grup, di mana kini terdapat tombol panggilan dan chat, perubahan posisi status dan desain yang lebih padat.

Sumber berita NDTV, AndroidPolice dan gambar header Shutterstock.