Esports Ecosystem

Kick-Off Piala Presiden Esports 2020 Umumkan Tanggal Main dan Game Esports Lokal

14 Oct 2019 | Akbar Priono
Kick-Off Piala Presiden Esports 2020 sebutkan kualifikasi akan dimulai Oktober 2019 ini, dan lima game lokal yang lolos tahap kurasi pertama.

Salah satu helatan esports terbesar di Indonesia, Piala Presiden Esports 2020, resmi bergulir setelah gelaran Kick-Off yang diselenggarakan pada 13 Oktober 2019 kemarin. Gelaran Kick-Off Piala Presiden Esports, yang merupakan bagian dari rangkaian Free Fire Indonesia Masters Season 2, dibuka dengan sangat megah dan meriah.

Gelaran pembukaan hadir dengan berbagai macam hal: mulai dari lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh Brisia Jodie, pidato dari Kepala Staf Kepresidenan, Jend. TNI (Purn) Moeldoko, penampilan dari Saykoji menyanyikan Official Song Piala Presiden Esports 2019, sampai dengan showmatchpro-player Free Fire bersama para selebriti media sosal.

Setelah rangkaian tersebut selesai, acara dilanjut dengan sesi konfrensi pers bersama dengan perwakilan Kantor Staf Presiden, Kementrian Pemuda dan Olahraga, Badan Ekonomi Kreatif, Kementrian Komunikasi dan Informatika, dan tentunya Giring Ganesha selaku Ketua Panitia Piala Presiden Esports 2020. Sesi konfrensi pers memberikan beberapa informasi penting.

Sumber: Dokumentasi Hybrid - Akbar Priono
Sumber: Dokumentasi Hybrid – Akbar Priono

Salah satunya adalah soal tanggal-tanggal penting Piala Presiden Esports 2020. Seperti disebut sebelumnya, bahwa pertandingan Piala Presiden Esports kali ini tak terhenti di tingkat nasional saja, tapi sampai tingkat regional Asia Tenggara.

Sepanjang akhir 2019 ini menjadi rangkaian kualifikasi Piala Presiden Esports 2020 untuk negara-negara Asia Tenggara. Dimulai dengan 19 Oktober untuk Final Kualifikasi Thailand. Lalu dilanjut dengan Final Kualifikasi Vietnam pada 26 Oktober 2019, Final Kualifikasi Malaysia dan Singapura pada 14 dan 15 Desember2019, dan Final Kualifikasi Filipina dan Kamboja pada 21 dan 22 Desember 2019.

Sementara itu, kualifikasi Indonesia akan mulai diselenggarakan pada awal tahun 2020 mendatang. Kualifikasi Indonesia dibagi ke dalam dua wilayah, kualifikasi Indonesia Timur dan Indonesia Barat.

Final Kualifikasi Indonesia Timur akan diadakan di Surabaya pada 11-12 Januari 2020. Lalu Final Kualifikasi Indonesia Barat akan diselenggarakan di Bandung pada 18-18 Januari 2020. Sebagai konklusi dari semua kualifikasi tersebut, Grand Final Piala Presiden Esports 2020 akan diselenggarakan pada 1-2 Februari 2020 di Jakarta, yang mempertemukan semua juara kualifikasi.

Piala Presiden Esports 2020 nantinya juga akan mempertandingkan game besutan developer lokal. Saat ini sudah ada lima game yang telah lolos tahap kurasi pertama. Kelima game tersebut adalah: Battle of Satria Dewa, Esports Manager, Lokapala, Pirate Mobile War, dan Ultra Space Battle Brawl. Dari lima game tersebut, hanya satu yang lolos ke tahap kurasi kedua dan dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2020.

Sumber: Dokumentasi Hybrid - Akbar Priono
Sumber: Dokumentasi Hybrid – Akbar Priono

“Ada sejumlah parameter yang menjadi pertimbangan dewan kurasi, yang tentunya juga melibatkan Badan Ekonomi Kreatif dan Kemenkominfo. Pertama, game ini harus dikembangkan developer lokal Indonesia. Kedua, memenuhi unsur esports dan kompetisi. Ketiga, harus playable serta punya mekanisme yang layak. Terakhir, orisinalitas, seluruh elemen game harus dipastikan merupakan asli garapan lokal, bukan re-skin game engine luar negeri saja.” papar Giring.

Belakangan, pemerintah memang sedang gencar memberi perhatian terhadap skena esports di Indonesia. Sebelumnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia juga menyatakan rencananya, untuk membuat sebuah pengurus besar esports Indonesia.

Piala Presiden Esports 2020 ini juga merupakan bentuk lain dukungan pemerintah terhadap ekosistem esports di Indonesia. Terkait dukungan pemerintah terhadap ekosistem esports, Kepala Staf Kepresidenan, Jend. TNI (Purn) Moeldoko juga turut memberi komentarnya.

“Sesuai visi SDM Unggul Indonesia Maju, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 membawa semangat dan optimisme bahwa SDM muda Indonesia sanggup bersaing secara global dan mampu mengharumkan nama bangsa di bidang esports.”  Moeldoko mengatakan.

Esports semakin berkembang, ditambah dengan gencarnya perhatian pemerintah. Tentunya dukungan ini diharapkan dapat mempertahankan keberlanjutan esports dan turut meratakan perkembangan esports sampai ke luar kota Jakarta.