Mobile
for SEO
Mobile

Kian Populer, WeChat Tembus 100 Juta Unduhan di Google Play

26 February 2014Bambang Winarso

Persaingan di ranah piranti lunak khususnya aplikasi pesan Android boleh dibilang yang paling ketat, sebab kategori ini dihuni oleh nama-nama tenar seperti BBM, WhatsApp, Facebook, KakaoTalk, Skype, Line dan tentu saja WeChat.

Nama terakhir ini mendapatkan perhatian istimewa karena berhasil menembus angka unduhan sebanyak 100 juta di toko aplikasi Google Play secara internasional.

Dengan pencapaian ini maka WeChat pantas disejajarkan dengan aplikasi pesaingnya WhatsApp, meskipun untuk angka unduhannya bisa jadi lebih tinggi WhatsApp. Sementara jika bicara jumlah pengguna aktif, WeChat masih di angka 272 juta per bulannya sementara WhatsApp sudah menyentuh angka 400 juta.

Salah satu kunci sukses WhatsApp adalah ketiadaan embel-embel jualan di dalamnya, coba perhatikan kompetitor lainnya yang banyak menawarkan produk in-app purchase, WhatsApp tentu menjadi platform yang paling minim produk namun malah justru membuktikan bahwa langkah tersebut mendatangkan jumlah pengguna aktif yang lebih banyak.

 

Info Menarik: Seri Nokia X, Ponsel Nokia yang Bisa Menjalankan Aplikasi Android

 

Berbeda dengan WhatsApp, WeChat justru kian agresif dengan melahirkan berbagai platform game untuk skala internasional, salah satunya di tanah air yang mendapatkan empat judul game perdana seperti Wreckless Racer, GunZ Dash, Craz3 Match, dan 2Days Match. Masing-masing game saat ini telah dapat diunduh langsung dari perangkat Android dan juga iOS di toko aplikasinya masing-masing.

Total pengguna WeChat sebenarnya jauh lebih banyak, per Agustus 2013 saja pengguna di luar Cina tercatat lebih dari 100 juta yang tersebar di berbagai negara yang didominasi negara-negara Asia, Afrika dan Amerika Selatan seperti Argentina, Brazil, Italia, Meksiko, Filipina, Singapura, Afrika Selatan, Thailand dan Turki.

Dominasi negara Asia dan Amerika Selatan menggugah rasa penasaran Tencent untuk melebarkan sayap ke Amerika Serikat. Dalam upaya menjaring lebih banyak pengguna dari wilayah tersebut, WeChat membuat programreward khusus untuk pengguna dari Amerika Serikat berupa gift card senilai $25 bagi setiap pengguna yang bisa merekrut 5 pengguna baru.

Jika melihat dari layanan pesan yang lain, WhatsApp akan dimiliki Facebook, Viber telah dibeli Rakuten. BBM semakin didukung oleh BlackBerry dan menyebarkan ke lebih banyak platform, dan salah satu aplikasi lain yang kini sedang naik daun adalah Telegram. Sepertinya kita akan terus melihat perang layanan pesan di tahun 2014 ini.

Sumber berita TheNextWeb.

Play video

5 July 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Produsen hardware crypto wallet Ledger resmi menjalani debutnya di ranah marketplace NFT lewat Ledger Market.

Others from #HybridTV