5 November 2021

by Yabes Elia

Razer Perkenalkan Keyboard dan Mouse yang Tidak Berisik

Selain itu, Razer juga memperkenalkan mousepad bergaya kantoran, Razer Pro Glid XXL.

Keyboard gaming biasanya memang terdengar nyaring, menyebalkan, dan tidak enak didengar -- tidak seperti keyboard untuk pasar enthusiast yang menjadikan suara sebagai salah satu fitur penting yang harus dikejar.

Sebelumnya, Razer juga telah merilis Razer Huntsman V2 yang dilengkapi dengan sound dampening foam namun kali ini mereka kembali memperkenalkan lini baru yang lebih silent yang ditujukan untuk kelas profesional alias orang kantoran.

Image credit: Razer

Razer Pro Click Mini adalah mouse mungil berwarna putih yang menawarkan dua jenis konektivitas nirkabel, Bluetooh dan 2.4GHz. Razer pun mengklaim jika daya tahan mouse ini dapat mencapai 725 jam dengan koneksi Bluetooth dan 465 jam dengan koneksi Hyperspeed Wireless (2.4GHz). Mouse ini juga dapat digunakan dengan 1 atau 2 buah baterai AA. Layaknya produk gaming dari Razer, mouse ini pun menyuguhkan programmable buttons. Namun demikian dibandingkan dengan lini gaming-nya, perbedaan besarnya ada pada switch click yang digunakan yang terdengar muted. Jika Anda penasaran dengan silent mechanical switch-nya, Anda bisa mendengarkan sendiri suaranya di laman resmi produk tersebut.

Image credit: Razer

Selain mouse, yang tak kalah menarik adalah keyboardnya, Razer Pro Type Ultra. Sama dengan mousenya tadi, keyboard ini juga dilengkapi dengan 2 koneksi nirkabel. Daya tahan baterainya diklaim dapat mencapai 214 jam dengan koneksi Bluetooth dan 207 jam dengan Hyperspeed Wireless. Keyboard yang berwarna putih ini juga dilengkapi dengan sound dampening foam dan menggunakan silent mechanical switch yang diklaim dapat bertahan hingga 80 juta pencetan. Keyboard ini juga akan dilengkapi dengan wrist rest untuk menambah kenyamanan Anda saat berlama-lama bekerja. Namun demikian, sayangnya, tidak seperti mouse tadi, tidak ada file sound test yang disediakan di laman resminya.

Image credit: Razer

Terakhir, Razer juga mengenalkan mousepad Razer Pro Glide dengan dua ukuran, 940x419x4mm (XXL) dan 360x275x3mm (Medium) yang warnanya senada dengan 2 mouse dan keyboard di atas. Meski demikian, jujur saja saya bingung juga kenapa mousepad ini masuk ke dalam lini Pro. Pasalnya, dari laman resmi produknya, saya tidak menemukan fitur istimewa dari mousepad yang satu ini ketimbang mousepad dari Razer lainnya -- selain dari warnanya yang cocok dikombinasikan dengan 2 peripheral tadi.