Esports Ecosystem

Kenny Prasetyo Menjadi Juara Hybrid Cup Series – Play on PC FIFA 20

19 Nov 2019 | Akbar Priono
Hybrid Cup Series - Play on PC FIFA 20 berlangsung sengit, Kenny Prasetyo bahkan dipaksa adu penalti di babak semifinal

Hybrid Cup Series – Play on PC jilid pertama telah selesai digelar. Mempertandingkan FIFA 20, antusiasme peserta terlihat sangat tinggi, dengan diwarnai rivalitas yang sengit dan pertandingan kompetitif tingkat tinggi. Jelas saja, Hybrid Cup Series – Play on PC ini juga diikuti oleh nama-nama besar seperti Kenny “KnyP” Prasetyo, dan Pugu “PUGU” Mujahid Mantang.

Diikuti oleh 44 peserta, kompetisi sudah berjalan ketat sejak dari fase grup. Memasuki babak 16 besar, pertandingan jadi semakin ketat. Saking ketatnya, rata-rata pertandingan bahkan cuma menghasilkan satu gol saja. Sekalinya ada banyak gol, selisihnya pun juga hanya satu gol.

Puncak keseruan pertandingan terjadi ketika memasuki babak Semifinal, saat Kenny Prasetyo bertemu dengan Moehammad Zulisar. Kenny dengan tim Napoli memang menguasai bola lebih banyak, tapi Zulisar dengan Barcelona bertahan dengan cukup kuat, membuat Kenny jadi kebingungan melancarkan serangannya.

Sumber: Dokumentasi Hyrid - Ajie Zata
Keseruan babak grup Hybrid Cup Series – Play on PC FIFA 20. Sumber: Dokumentasi Hyrid – Ajie Zata.

Zulisar bahkan berhasil mencetak gol lebih dulu daripada Kenny di menit 23, lewat tendangan keras Dembele. Tetapi, Kenny tak tinggal diam, dia membalas dengan tendangan keras di sudut sempit dari Lorezo Insigne di menit 37. Skor ditahan satu sama, memaksa pertandingan melaju ke babak pertambahan waktu. Babak extra time mengulang kembali kejadian sebelumnya, Zulisar mencetak gol dengan Dembele dan Kenny mencetak gol dengan Insigne. Dipaksa masuk ke babak adu penalti, Kenny berhasil menang 2-1 setelah berkali-kali menebak tendangan Zulisar.

Babak final malah terbilang lebih lancar bagi Kenny. Mungkin karena Robertus Hanafi, lawan Kenny di Final, sudah lebih dulu kelelahan setelah pertandingan Semifinal yang juga sama sengitnya. Alhasil Kenny menang 2-0 dan jadi juara Hybrid Cup Series – Play on PC.

“Acaranya seru banget, walau memang jadi harus adaptasi lagi karena pakai PC jadi harus pakai joystick yang disediakan. Lawan-lawannya berat-berat banget menurut aku, apalagi lawan mulai dari 16 besar sampai ke final adalah pemain yang sering juara turnamen offline juga. Bahkan, gue menang di semifinal mungkin bisa dibilang hoki juga karena adu penalti..haha.” Kenny menyatakan komentarnya.

Selain itu, satu yang menarik adalah penggunaan Napoli, tim liga italia Serie A, oleh Kenny sepanjang Hybrid Cup Series – Play on PC. Apakah memang kesengajaan? Atau Napoli sebenarnya punya line-up pemain yang tak kalah kuat dibanding Barcelona atau Manchester City yang selalu jadi andalan banyak pemain?

“Pakai Napoli supaya anti-mainstream…haha. Tapi secara keseluruhan, Napoli memang punya line-up yang bagus. Di belakang dia punya duet Koulibaly dan Manolas, tengah ada Allan Marques Loureiro, di depan mereka juga punya penyerang berlari cepat, Mertens, Insigne, Lozano, dan Callejon.” jawab Kenny.

Dengan ini, maka berikut daftar pemenang Hybrid Cup Series – Play on PC:

  • Juara 1: Kenny Prasetyo – Rp2.500.000+ Thunder X3 Gaming Chair BC1 Series
  • Peringkat 2: Robertus Hanafi – Rp1.250.000 + Tecware Phantom RGB Mechanical Keyboard
  • Peringkat 3: Moehamad Zulisar – Rp750.000 + Corsair Harpoon RGB Gaming Mouse
  • Peringkat 4:  Manata Junior – Rp500.000
  • Peringkat 5 s/d 8: Bob Marvin, Azis Muhammad Suria Jaya, Manggala Adiperwira, Shandy Putra Pratama – Rp200.000

 

Sumber: Dokumentasi Hyrid - Ajie Zata
Para pemenang bersama Bambang Tirtawijaya (kiri), Product Manager DTG dan Wiku Baskoro (kanan), Co-Founder Hybrid.co.id. Sumber: Dokumentasi Hyrid – Ajie Zata.

Wiku Baskoro, selaku Co-Founder Hybrid.co.id turut memberikan komentar terkait selesainya jilid pertama Hybrid Cup Series Play on PC. “Berterima kasih untuk para peserta yang sudah mendaftar dan hadir di acara. Ini merupakan kali pertama Hybrid Cup mengadakan turnamen berbasis komunitas dengan perangkat PC. Animonya sangat baik, kurang lebih 44 peserta yang mendaftarkan diri untuk bertanding. Meski ada beberapa kendala dari sisi platform namun bisa diatasi dan pertandingan bisa berjalan dengan lancar. Pertandingan-pertandingan yang berjalan kemarin sangat seru. Ada beberapa player yang membuat kejutan dengan mengalahkan peserta unggulan. Kompetisi Hybrid Cup FIFA 20 ini juga menjadi cukup spesial, karena ini kali pertama Hybrid memberikan hadiah tidak hanya bagi juara 1-3 tetapi juga pada juara 4 – 8.”

Wiku lalu juga menjelaskan lebih lanjut soal Hybrid Cup series kali ini. “Hybrid Cup FIFA 20 ini merupakan rangkaian acara Hybrid Cup series dengan tema Play on PC. Kampanye ini merupakan ajakan untuk bermain esports dengan menggunakan PC. Selain FIFA 20 nanti akan ada setidaknya 3 game yang masuk dalam rangkaian Hybrid Cup, yaitu Tekken 7 dengan konsep team fight atau bertanding antar tim, Rainbow Six: Siege, dan satu game lain yang juga direncanakan untuk menjadi bagian dari seri Play on PC adalah Street Fighter V.”

Terakhir, Wiku menyatakan rasa terima kasihnya terhadap para sponsor dari gelaran ini. “Hybrid juga ingin berterima kasih untuk para mitra yang telah mendukung jalannya acara termasuk para sponsor yaitu AMD dan Corsair, dan juga pihak yang mendukung seperti Aerocool, ThunderX3, Tecware, Rapoo VPRO, ViewSonic, dan ASRock.”

Selamat bagi para pemenang dari Hybrid Cup FIFA 20! Hybrid Cup Series – Play on PC akan berlanjut di tanggal 30 November 2019 mendatang dengan mempertandingkan Tekken 7. Saatnya persiapkan kemampuan untuk menjadi petarung Tekken 7 terbaik!