Kenali Memori Smartphone dan Cara Optimasinya Bersama MoboMarket

Informasi tentang memori smartphone dan cara optimasinya ini didapat dari MM service center, untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi: http://mobomarket.co.id/faq.html

Tahukah Anda apa perbedaan dari setiap memori? Pernah gagal mengunduh file karena memori tidak cukup? Apakah Anda tahu solusinya? Ayo baca terus, lewat TRL, MoboMarket akan bagikan beberapa tips yang bermanfaat untuk Anda.

Sebagian pengguna smartphone tentu pernah menjumpai masalah-masalah seperti tidak bisa instal, tidak bisa buka aplikasi, kinerja ponsel melamban, tidak bisa download karena memori penuh dan berbagai hal lain yang kadang membuat frustasi. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sebelum menjelaskan penyebab permasalahan tersebut, mari kita kenali dulu bagian-bagian ponsel yang bersangkutan.

Apa itu Memori Smartphone?

Memori ponsel atau smartphone dibagi menjadi tiga macam, yaitu memori internal , RAM dan memori eksternal.

Memori Internal adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Sesuai namanya, memori ini terletak di dalam perangkat. Bila kita lihat gambar di atas, memori internal ini memiliki ukuran sebesar 16GB, tetapi hanya 11GB yang bisa dipakai. Ini disebabkan karena 5GB sisanya digunakan untuk menyimpan sistem Android.

 

Info Menarik:Cara Mempercepat Booting Windows 7

 

RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak mempedulikan letak data tersebut dalam memori. RAM berfungsi untuk membantu prosesor dalam melangsungkan eksekusi. Bila dijelaskan dengan sederhana, dapat dikatakan bahwa prosesor tidak dapat melakukan pembacaan data langsung tanpa bantuan RAM.

Data pada RAM tidak bersifat permanen dan aka hilang saat tidak terpakai. Saat bekerja prosesor memindahkan data yang diperlukan ke RAM, data yang berada pada RAM inilah yang dapat dibaca dan dimanipulasi secara langsung olah prosesor. Maka dari itu ukuran RAM tidak sebesar memori internal.

Memori eksternal fungsinya sama dengan memori internal, tetapi letaknya berbeda. Memori jenis ini terletak di luar perangkat dan bersifat dapat dilepas atau dipasang. Orang pada umumnya menyebut memori eksternal dengan sebutan kartu SD.

Apa Hubungan Memori dengan Masalah-Masalah yang Sering Dihadapi pengguna?

Memori sangatlah berpengaruh pada ponsel Anda, sebagai contoh RAM. Semakin besar ruang kosong pada RAM, maka semakin cepat pula kinerja prosesor perangkat. Sebaliknya, semakin sedikit ruang yang tersisa semakin lambat pula kecepatannya, dan dalam kasus tertentu data tersebut tidak dapat diproses, sehingga sering muncul permasalahan ponsel menjadi lamban atau tidak dapat membuka berbagai aplikasi.

Begini Cara Mengoptimalkan Kinerja RAM

Kapasitas memori internal juga mempengaruhi keberhasilan Anda saat mengunduh atau memasang aplikasi.

Bila anda mengunduh file yang bersifat langsung (dapat langsung dibuka), file itu dapat disimpan ke memori eksternal secara langsung, tetapi apabila file aplikasi tersebut bersifat tidak langsung (harus di install dulu), seperti mengunduh aplikasi, file ini harus masuk terlebih dahulu ke memori internal, karena tidak semua aplikasi dapat diletakkan langsung ke memori eksternal.

Oleh karena itu agar terhindar dari masalah seperti itu, periksa dahulu kapasitas memori internal Anda kemudian kosongkan. Bagaimana caranya? Lanjutkan membaca, karena solusinya ada di bawah ini.

 

Info Menarik:[Panduan Pemula] Tutorial Microsoft Excel 2007, Cara Mengolah dan Mengurutkan Data Tabel

 

Cara Mengosongkan Memori Internal

Demikian tips dan pengetahuan mengenai memori ponsel, bila Anda masih membutuhkan pertanyaan lebih lanjut Anda bisa mendapatkan informasi lewat: Facebook: https://www.facebook.com/MoboMarketID/ dan Twitter:

">

.

Sumber gambar header: Shutterstock.