Dark
Light

Kemudahan, Hal Lain yang Penting Dalam E-Commerce

by
2 mins read
April 15, 2013

Selain keamanan, hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan oleh para penyedia atau penjual online adalah kemudahan. Kemudahan ini bisa jadi levelnya beragam, tergantung juga dari pengguna atau pembeli itu sendiri tetapi tentu pada dasarnya ada standar kemudahan yang level-nya sama di semua pengguna.

Pembelian online biasanya dibandingkan dengan pembelian offline, apa yang ditawarkan dalam pembelian online biasanya harus lebih baik dari apa yang ditawarkan dalam pembelian offline, kemudahan sering menjadi salah satu daya tarik. Dari kemudahan mengakses pilihan barang, kemudahan dalam melakukan pembelian, kemudahan pembayaran sampai dengan kemudahan mendapatkan barang alias pengiriman.

Internet yang memungkinkan akses atas toko dari manapun adalah salah satu contoh sederhana dari kemudahan yang ditawarkan penyedia e-commerce, calon pembeli kini bisa mengakses toko dari mana saja, di warnet, kafe dengan laptop, PC di rumah atau perangkat bergerak, baik itu smartphone atau tablet. Keputusan pembelian pun tidak lagi harus dilakukan di toko ketika melihat barang, biasa saja pengguna melihat barang ketika menunggu di kafe, lalu memutuskan untuk membeli ketika sampai di tempat tujuan lain.

Proses pembayaran pun harus dipermudah, artinya calon konsumen diberikan fasilitas dan alur cara pembayaran yang membuat kenyamanan dalam melakukan pembelian jadi yang utama. Bisa jadi ini akan berpengaruh pada pilihan cara pembayaran, mulai dari transfer antar bank, dengan debit, kartu kredit atau cara pembayaran lain. Ada juga kemungkinan toko online atau penyedia layanan e-commerce tidak menyediakan secara lengkap cara pembayaran dari toko mereka, namun seiring pertumbuhan konsumen serta kebutuhan mereka, bisa jadi nantinya semua cara pembayaran harus tersedia di layanan e-commerce tersebut.

Bagian terpenting lain yang terkadang tidak diperhatikan adalah masalah pengiriman barang. Banyak layanan jual beli yang alpa untuk memberikan fokus pada bagian ini sehingga membuat calon konsumen kecewa, malah bisa jadi jera untuk melakukan pembelian produk secara online.

Proses pengiriman bukan saja dengan memilih mitra pengiriman barang dan masalah akan selesai, tentunya penilaian kenyamanan pertama kali akan muncul ketika konsumen ingin mendapatkan informasi yang detail atas pengiriman, baik siapa jasa pengiriman yang digunakan, berapa lama waktu sampai dengan biaya.

Pilihan atas mitra pengiriman paket pun menjadi penting, karena belum banyak layanan e-commerce atau jual beli online yang memiliki sendiri armada untuk pengiriman barang, padahal biasanya kosumen akan menilai secara keseluruhan, tidak peduli bahwa jasa pengiriman itu menggunakan perusahaan berbeda. Pengalaman pembelian yang mereka rasakan adalah satu kesatuan, dari mulai mencari barang, menemukan, melakukan pilihan, melakukan pembayaran dan mendapatkan barang. Jadi proses pengiriman barang adalah hal utama pula yang harus diperhatikan, baik itu pengiriman dalam kota atau luar kota agar pengguna bisa nyaman melakukan pembelian sampai barang diterima.

Untuk masalah pembayaran, tentu saja keamanan menjadi faktor utama. Menjadi penting untuk menyediakan sistem pembayaran yang aman, apapun jenis cara pembayarannya. Namun, tentunya kenyamanan akan tercipta bila keamanan terintegrasi dengan kemudahan, menu pilihan yang tidak membingungkan, informasi yang jelas terlihat dan tidak adanya kendala ketika melakukan pembayaran bagi konsumen adalah penting, termasuk pilihan dari cara pembayaran.

Ketika konsumen merasa mudah dalam melakukan pembalian produk atau barang secara online ,lalu keamanan pun terjamin ketika melakukan pembayaran termasuk pengiriman barang yang sampai dengan baik, maka kenyamanan pun bisa tercipta. Kenyamanan akan membawa kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas, tentunya mereka akan kembali membeli secara online.

*) Artikel ini adalah advertorial yang disponsori oleh Veritrans Indonesia, layanan yang menjadikan pembayaran online lebih mudah, cepat dan lebih aman.

Previous Story

Seeds, Mobile Game yang Mendorong Kredit Mikro

Next Story

YouTube Umumkan Pemenang DoGooder Video Awards

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri
HP-OMEN-27qs-2

Ini Fitur Unggulan Monitor HP OMEN 27qs untuk Gaming yang Imersif dan Kompetitif

OMEN 27qs akan segera tersedia di Indonesia, monitor gaming 27