Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Kementrian Olahraga Malaysia Umumkan Rencana Pembangunan Ekosistem Esports

3 October 2020Akbar Priono

Rencana tersebut akan dilakukan lewat lembaga Esports Integrated (ESI), yang dijalankan oleh perusahaan lokal bernama Impact Integrated.

Tanggal 1 Oktober 2020 lalu, Kementrian Olahraga Pemuda dan Olahraga Malaysia (KBS) mengumumkan roadmap berisi rencana pembangunan ekosistem esports lokal. Rencana pembangunan tersebut nantinya akan dilakukan oleh lembaga baru yang diberi nama Esports Integrated atau ESI, dengan perusahaan lokal bernama Impact Integrated sebagai operator. Dikabarkan juga bahwa ESI akan fokus pada pembangunan ekosistem yang terintregasi, lewat sebuah insiatif fase pertama.

Mengutip dari IGN SEA, dikatakan bahwa insiatif fase pertama termasuk: sebuah platform untuk mengelola dan mensentralisasi ekosistem esports, yang di dalamnya termasuk alat untuk membuat turnamen online, membuat gelaran Malaysia Esports Circuit, memperkenalkan konferensi esports, serta menyarankan kerangka kerja dan pedoman seputar esports yang lebih baik.

Menteri pemuda dan Olahraga, Yang Berhormat Dato' Sri Reezal Merican Naina Merican. Sumber: The Star Malaysia
Menteri pemuda dan Olahraga, Yang Berhormat Dato’ Sri Reezal Merican Naina Merican. Sumber: The Star Malaysia

“KBS bangga bisa bekerja bersama dengan ESI untuk membuat sebuah roadmap esports nasional, dan menjadi katalis terhadap berkembangnya industri esports di Malaysia. Dengan kebangkitan esports di wilayah Asia Tenggara, inisiatif ini tak hanya menciptakan kesempatan bagi para pemuda, tetapi juga menyediakan platform untuk membangun serta meningkatkan kemajuan industri esports di negara kami.” Ucap Menteri pemuda dan Olahraga, Yang Berhormat Dato’ Sri Reezal Merican Naina Merican.

Lebih lanjut, Ahmed Faris Amir selaku CEO Impact Integrated yang menjadi penyelenggara ESI juga menambahkan. “Kami bangga bisa mendukung negara dalam membangun industri esports. ESI memiliki visi untuk membuat sebuah ekosistem yang berkelanjutan nan bersemangat, yang memungkinkan pertumubuhan, serta memastikan perlindungan dan pemeliharaan keberagaman bagi pemain esports di berbagai level di Malaysia.”

Lebih jauh , ESI juga mengungkap beberapa rencana jangka panjang. Pertama ada Capacity Building programme, yang fokus untuk meningkatkan kemampuan sosok sosok belakang layar esports, seperti tournament/event organizer, manager tim serta coach, yang akan dimulai pada tahun 2021 mendatang.

Ahmed Faris Amir selaku CEO Impact Integrated. Sumber: The Star Malaysia
Ahmed Faris Amir selaku CEO Impact Integrated. Sumber: The Star Malaysia

Rencana lain dari ESI termasuk membangun Esports Hub. Semacam “Silicon Valley-nya” esports Malaysia yang dibangun di Spacerubix, Puchong, dan akan selesai 2021 mendatang. Hub tersebut akan menyertakan beberapa hal, seperti venue untuk turnamen LAN, tempat latihan untuk pemain esports amatir ataupun profesional, dan area networking untuk para pelaku industri esports.

Sama sama diinisiasi oleh pemerintahan, ada kekhawatiran bahwa inisiatif ESI nantinya akan bertabrakan dengan badan esports yang sudah ada, yaitu Malaysian eSports Federation (MESF). Terkait hal tersebut, Ahmed Faris Amir mengatakan kepada TheStar Malaysia, bahwa ESI sudah bicara dengan MESF soal bagaimana agar kedua badan tersebut bisa bekerja sama, dan saling berbagi peran dalam perkembangan esports Malaysia.

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV