Dark
Light

Kaskus.ws, Unofficial Subdomain Untuk Kaskus

1 min read
October 13, 2009

Kaskus, sebuah forum berusia hampir 10 tahun yang dimulai oleh Andrew Darwis saat ini merupakan forum yang paling aktif di Indonesia. Lebih dari 1 juta member tentu membuat Kaskus menjadi update dengan berita dan informasi dari luar, memberikan pengalaman tersendiri bagi para penggunanya.

Kaskus.ws merupakan layanan web yang mencoba mengambil sebagian porsi dari pengguna Kaskus terutama para pemilik lapak yang berjualan di FJB (Forum Jual-Beli). Kaskus.ws menyediakan subdomain gratis khusus untuk di-redirect ke thread di Kaskus, tujuannya agar lebih gampang diingat oleh para member lain.

Sepertinya layanan ini cukup berguna, namun tentu saja anda harus berebut nama subdomain yang bagus dan relevan dengan isi thread anda. Masalahnya, kebanyakan thread di Kaskus sifatnya tidak tahan lama terutama di FJB. Ketika penjual barang membuat thread baru, biasanya thread akan ditutup setelah barang terjual. Tentu saja ada juga member FJB yang memang memiliki toko dan stock barang yang terus berdatangan dan thread jualan akan selalu aktif. Pengguna inilah yang diincar oleh Kaskus.ws, namun saya yakin bahwa perebutan nama subdomain di Kaskus.ws ini akan marak.

Saya justru melihat fitur lain di Kaskus.ws yang cukup potensial jadi berguna, yaitu direktori. Jutaan thread yang telah dibuat di Kaskus, tentu akan sangat menyulitkan pencarian meskipun sudah dibuat search engine di dalam Kaskus. Daftar direktori seperti yang sedang diprakarsai oleh Kaskus.ws inilah yang saya rasa sangat berguna untuk mencari thread dalam sebuah kategori tertentu diluar kategori sub-forum mengingat sering sekali terjadi “salah kamar” di Kaskus terutama di Lounge.

Bagaimana pendapat anda? Apakah subdomain untuk Kaskus ini anda rasa berguna?

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Armanovus, Teknologi Silverlight di Belakang Kompas ePaper

Next Story

Yes,We’re (NOT) Hiring (ANYMORE)

Latest from Blog

Don't Miss

Kaskus Podcast

Makin Serius dengan Konten Podcast, Kaskus Siapkan Sejumlah Rencana Bisnis

Belum lama membuka diri ke publik, Kaskus sekarang sudah memiliki
Melihat pandangan praktisi media dari Kumparan, DailySocial.id, Kaskus, dan Bareksa tentang bermedia di era digital

Tantangan Bermedia di Era Digital

Media menjadi industri yang ikut berdampak karena perkembangan teknologi digital.