Dark
Light

Kartumuu Siapkan Tampilan dan Model Bisnis Baru

1 min read
April 30, 2012

Kartumuu.com sedang mempersiapkan berbagai hal baru dari layanan mereka, termasuk rencana pivot model bisnis, yang sebelumnya fokus di media sosial kini akan memfokuskan diri pada e-commerce.

Kartmuu sendiri sebelumnya adalah layanan yang memberikan fasilitas bagi pengguna mereka untuk mengirimkan kartu ucapan dalam bentuk digital. Saat ini situs dan layanan mereka sedang dalam persiapan untuk tampilan dan strategi baru jadi sedang dalam tahap maintenance.

Hadikusuma Wahab, founder dari Kartumuu yang akrab dipanggil Dhiku menjelaskan lewat email bahwa model bisnis Kartumuu nantinya akan berupa jualan kartu ucapan cetak. Dengan tagline baru ‘Delivering Feelings’, Dhiku berpendapat bahwa dengan berkembangannya media digital untuk menyampaikan pesan, maka ada saatnya orang akan kangen untuk menyampaikan perasaan dengan kartu ucapan cetak. Kartumuu ingin mengambil kesempatan ini. Mereka juga telah melakukan survei sehingga bisa mendapatkan hasil kartu cetak yang baik.

Nantinya Kartumuu akan menyediakan berbagai fasilitas di layanan mereka yang baru, seperti memilih desain/upload sendiri, custom message, sampai pengiriman kartu ke alamat yang dituju. Target pasar yang akan dituju adalah individu serta perusahaan.

Kalau Anda menuju situs Kartumuu sekarang, Anda akan menemukan ajakan untuk para desainer mengirimkan desain kartu ucapan, para desainer ini bisa menjual desain mereka yang, jika sesuai akan dibeli oleh Kartumuu, 3 desain seharga Rp 500.000 atau kelipatannya. TOC lengkap bisa diunduh di tautan ini. Sambil mempersiapkan selesainya pengembangan web, Kartumuu mengumpulkan karya-karya desain ini, akun Twitter mereka juga cukup aktif mempromosikan program ini.

Pivot model bisnis yang dilakukan ini dijelaskan Dhiku bukan hanya sebatas coba-coba saja, tetapi telah dipersiapkan langkah-langkah untuk mengubah strategi dan model bisnis. Salah satunya adalah memfokuskan pada core asset mereka yaitu desain. Kartumuu mengajak para desainer untuk berkolaborasi membuat kartu ucapan, salah satunya dengan mengajak mereka mengirimkan desain yang akan dibeli oleh Kartumuu, seperti yang dijelaskan di atas. Dhiku juga mengatakan bahwa kedepannya Kartumuu akan menggelar berbagai acara yang akan melibatkan desainer.

Desain dan karya kreatif memang menjadi salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai layanan berbasis internet, sebelumnya ada GantiBaju serta berbagai layanan berbasis desain kaos, ada Sribu.com untuk marketplace jasa desain, dan yang terbaru ada Kreavi.com. Perkembangan karya desain di Indonesia juga sangat pesat dan terus bertumbuh, menjadi menarik untuk melihat bagaimana peluang ini bisa dimanfaatkan oleh Kartumuu. Desain dengan menggunakan media kartu ucapan, sepengetahuan saya, masih belum banyak dieksplorasi oleh layanan seperti Kartumuu.com.

Beberapa kejutan lain yang disimpan oleh Kartumuu, selain tentunya dari detail layanan yang sedang mereka siapkan adalah, menurut kabar desainer UI yang mendesain situs baru mereka tidak asing lagi di dunia startup Indonesia, jadi saya pikir ita bisa berharap tampilan desain yang ada akan menyenangkan, baik dari sisi desain mupun dari pengalaman penggunaannya, plus ada hint yang berhubungan dengan kerja sama Kartumuu dengan layanan cetak kartu nama.

Jadi kita tunggu saja rilis resmi dari tampilan serta layanan terbaru Kartumuu.com. Bagi Anda yang tertarik mengirimkan desain, bisa menuju tautan ini untuk keterangan alamat email pengiriman.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

2 Comments

  1. Fyi, sampai 10 juni 2012 ini, kita akan membeli desain kartu ucapan dari desainer lokal seharga 250,000 per desainnya 🙂 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Volpen Selenggarakan Kompetisi Kolaborasi Menulis

Next Story

Ini Dia Aplikasi Yang Membantu Belajar Bahasa Daerah Melalui Perangkat Android Anda

Latest from Blog

Don't Miss

Jefrey Joe berbagi pengalamannya dalam membantu founder mencari dan mengeksekusi model bisnis

Mengupas Serba-Serbi Model Bisnis pada Startup

Startup tak melulu bicara soal merealisasikan ide menjadi sebuah produk.
Kitajaga Insurtech Kitabisa

Kitabisa Segera Masuk ke Bisnis Asuransi Digital Lewat “Kitajaga”

Setelah sebelumnya menutup layanan crowdinsurance Saling Jaga pertengahan bulan Juli 2021