Dark
Light

Kantar: Android Kuasai Lebih Dari 60% Pasar Smartphone di Dunia, Windows Tumbuh Stabil di AS

1 min read
April 29, 2013

Jika pada beberapa publikasi sebelumnya Kantar melaporkan mengenai perkembangan pasar sistem operasi ponsel pintar di Amerika Serikat saja, kali ini Kantar kembali merilis laporan yang memperlihatkan perkembangan pasar sistem operasi ponsel pintar di berbagai belahan dunia. Pada laporan terbaru ini, Kantar menunjukkan statistik dari 9 wilayah berbeda selama kuartal pertama 2013.

Dalam laporan tersebut, seperti dilansir oleh TechCrunch, Android kini menguasai lebih dari 60% pangsa pasar ponsel pintar di seluruh dunia. Tepatnya, dari 9 pasar tersebut, Android secara rata-rata menguasai 64,2% pasar dan menjadi sistem operasi dengan pangsa pasar terbesar di 8 pasar. Hanya di Jepang Android dikalahkan oleh iOS dengan 45,8% pangsa pasar berbanding 49,2% milik iOS.

Sementara iOS tetap stabil berada di posisi kedua di Jerman, Inggris Raya, Perancis, Italia, Spanyol, Amerika Serikat, Cina, Australia, dan wilayah-wilayah yang diberi kode oleh Kantar sebagai zona Eropa 5. Meskipun demikian, beberapa ponsel berbasis iOS di beberapa pasar masih menjadi ponsel dengan pangsa pasar tertinggi. Misalnya saja di Inggris Raya, iPhone 5 masih memuncaki daftar penjualan dengan pangsa pasar 15%. Demikian, iPhone 4s dan iPhone 4 muncul di daftar 10 besar masing-masing di posisi 3 dan 6.

Di posisi ketiga, Windows nampaknya perlahan-lahan mulai berhasil menjadi ekosistem ketiga di beberapa pasar. Di Jerman, Inggris Raya, Perancis, Italia, Amerika Serikat, Australia dan beberapa negara Eropa, Windows berhasil melewati pangsa pasar RIM dan sistem operasi pendahulunya Windows Phone, Symbian. Di Italia bahkan pangsa pasar Windows sudah menembus angka 10%.

Berikut adalah tabel lengkap laporan pangsa pasar sistem operasi ponsel pintar kuartal pertama 2013 dari Kantar.

Laporan lengkap dari Kantar bisa Anda lihat dan unduh dari tautan ini.

 

Sumber: Kantar via TechCrunch. [gambar via]

Previous Story

Video ‘How To’ untuk BlackBerry Q10

Next Story

Cari Kosakata Bahasa Indonesia dengan @katakateglo

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi