Dark
Light

Kantar: Pangsa Pasar iOS dan Windows Tumbuh Lebih Cepat dari Android

1 min read
June 4, 2013

Kantar kembali merilis laporan mengenai kondisi pangsa pasar sistem operasi untuk ponsel pintar. Pada laporan terbaru ini, Kantar memperkirakan bahwa laju pertumbuhan pangsa pasar sistem operasi iOS dan Windows Phone selama 3 bulan sejak Februari hingga April lebih besar dari laju pertumbuhan pangsa pasar Android. Laporan ini juga terbatas hanya pada pangsa pasar di Amerika Serikat saja.

Meski masih memimpin pasar dengan pangsa pasar sebesar 51,7%, Android hanya mengalami pertumbuhan sebesar 1,4% dari periode yang sama di tahun 2012 lalu. Sementara di posisi kedua, iOS memiliki pangsa pasar sebesar 41,4% dengan laju pertumbuhan sebesar 2,3%. Windows Phone nampaknya berhasil mengukuhkan dirinya di posisi ketiga pada pasar Amerika Serikat dengan pangsa pasar sebesar 5,6% dan laju pertumbuhan 1,8%.

Secara khusus, Kantar menyoroti pertumbuhan pangsa pasar Windows Phone. Didapati bahwa 42% dari pembeli perangkat berbasis Windows Phone di tahun ini sebelumnya menggunakan feature phone, sementara 23% lainnya sebelumnya menggunakan perangkat berbasis Android. Pertumbuhan pasar Windows Phone ini juga utamanya dimotori oleh penjualan perangkat seri Lumia besutan Nokia.

Diluar ketiga sistem operasi ini, BlackBerry masih belum menunjukkan pertumbuhan yang membaik pada periode Februari-April 2013 ini. Saya sendiri berpandangan perlu menunggu hasil kuartal kedua untuk benar-benar bisa menilai dengan objektif bagaimana pencapaian flagship terbaru BlackBerry, Z10.

Laporan selengkapnya dari Kantar bisa dilihat di tautan ini.

 

[gambar via]

Previous Story

Acer Perkenalkan Tablet Iconia W3 dan Smartphone Liquid S1

Next Story

[TRL – Intel@Computex] Asus Zenbook Infinity, Ultrabook Pertama yang Dilengkapi Intel Iris Graphics

Latest from Blog

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi