Belum lama ini kami sempat mengulas mengenai penggunaan platform crowdfunding untuk pendanaan aplikasi game Seeds yang bertujuan untuk mendorong kredit mikro di Kenya. Kali ini, dari dalam negeri juga muncul sebuah penggalangan dana yang memiliki misi sosial yakni Youth Food Movement Indonesia: The Music Campaign.
Berdasarkan keterangan di halaman penggalangan dana Youth Food Movement Indonesia di situs Indiegogo, gerakan ini adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap kedaulatan pangan Indonesia. Youth Food Movement Indonesia hendak memberikan wawasan pada generasi muda mengenai proses produksi berbagai alternatif pangan di Indonesia.
Secara spesifik, Youth Food Movement Indonesia hendak mengadakan sebuah kampanye musik untuk menyebarkan gagasan gerakannya. Kampanye musik ini berupa proses pembuatan sebuah album yang berisi sekitar enam hingga delapan lagu yang menyuarakan pesan-pesan Youth Food Movement Indonesia. Untuk penggalangan dana ini, Youth Food Movement Indonesia menargetkan pendanaan sebesar 2.200 dolar. Album yang dihasilkan nantinya akan didistribusikan secara online maupun melalui medium CD.
Kampanye musik Youth Food Movement Indonesia ini didukung juga oleh beberapa organisasi non profit seperti Walhi dan Serikat Petani Indonesia. Selain membuat album, Youth Food Movement Indonesia juga merencanakan akan menggelar konser untuk publik yang akan digelar pada bulan Juni 2013.
Model kampanye musik untuk menyuarakan isu sosial ini sebelumnya juga pernah dilakukan oleh band Navicula. Tengah tahun lalu, Navicula berhasil melakukan penggalangan dana sebesar lebih dari 3.000 dolar untuk melakukan tur musik yang ditujukan untuk meningkatkan kepedulian terhadap Orang Utan.
Tertarik untuk membantu kampanye musik Youth Food Movement Indonesia ini? Simak videonya berikut ini atau, lebih baik lagi, beri donasi Anda di halaman resmi penggalangan Youth Food Movement Indonesia di situs Indiegogo pada tautan ini.