4 February 2022

by Glenn Kaonang

Kalahkan Wii, Switch Kini Merupakan Konsol Rumahan Terlaris Nintendo

Dalam waktu cuma lima tahun, Nintendo Switch telah terjual sebanyak 103,54 juta unit, lebih laris daripada Wii, tapi masih kalah dari Nintendo DS orisinal

Resmi sudah. Nintendo Switch kini merupakan konsol rumahan terlaris Nintendo sepanjang masa. Berdasarkan data finansial terbaru dari Nintendo langsung, per 31 Desember 2021, Nintendo Switch tercatat sudah terjual sebanyak 103,54 juta unit, mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, yakni Nintendo Wii dengan 101,63 juta unit.

Angka tersebut terdengar semakin mengesankan setelah mengetahui bahwa Switch baru akan merayakan ulang tahunnya yang kelima pada bulan Maret mendatang. Wii di sisi lain butuh waktu sekitar tujuh tahun (2006 - 2013) sebelum penjualannya bisa menembus angka 100 juta unit.

Meski begitu, Switch masih belum bisa mengalahkan Nintendo DS, yang hingga sekarang masih memegang rekor hardware terlaris Nintendo dengan 154,02 juta unit terjual. Namun segmentasi kedua perangkat itu memang berbeda: DS masuk kategori konsol genggam, sementara Switch (kecuali varian Lite) juga bisa masuk kategori konsol rumahan.

Kalau dipecah, angka 103,54 juta tadi terdiri dari 81,68 juta unit Switch standar, 17,87 juta unit Switch Lite, dan 3,99 juta unit Switch OLED. Sebagai informasi, Switch OLED baru resmi dijual pada kuartal ke-4 tahun 2021 kemarin, jadi wajar kalau volume penjualannya terbilang kecil. Namun seandainya mau dibandingkan, Switch Lite berhasil terjual sebanyak 5,19 juta unit dalam tiga bulan pertama pemasarannya.

Beralih ke software, data dari Nintendo menunjukkan bahwa penjualan software untuk Switch sejauh ini sudah mencapai angka 766,41 juta unit, masih di belakang penjualan game Wii maupun DS yang keduanya sama-sama telah melampaui angka 900 juta unit.

Pokémon Brilliant Diamond dan Pokémon Shining Pearl yang baru dirilis pada pertengahan bulan November 2021 langsung melejit masuk ke daftar 10 besar game Switch terlaris. Dalam kurun waktu yang amat singkat, remake dari game zaman Nintendo DS itu rupanya berhasil terjual sebanyak 13,97 juta unit. Angka tersebut hanya terpaut sedikit dari yang dicatatkan Pokémon: Let's Go, Pikachu / Eevee, game keluaran tahun 2018 yang saat ini menduduki posisi ke-8 dalam daftar tersebut dengan 14,33 juta unit terjual.

Dua judul game baru lain yang juga Nintendo luncurkan pada kuartal ke-4 2021 turut mencatatkan performa penjualan yang cukup memuaskan, yakni Mario Party Superstars dengan 5,43 juta unit dan Metroid Dread dengan 2,74 juta unit terjual.

Untuk kuartal pertama tahun 2022 ini, Nintendo sudah punya setidaknya dua judul game yang berpotensi laris terjual, yakni Pokémon Legends: Arceus yang baru saja dirilis di akhir Januari kemarin dan Kirby and the Forgotten Land yang akan menyusul pada 25 Maret mendatang.

Sumber: Games Industry. Gambar header: Ke Vin via Unsplash.