Dark
Light

KakaoTalk, Tidak Hanya Punya Emoticon Lucu

1 min read
April 19, 2012

Sebulan yang lalu, Rama menemukan aplikasi messaging baru bernama Line. Line dibuat oleh Naver Jepang, anak perusahaan dari Naver. Masih dari kawasan Asia Timur tersebut, Beom Soo Kim, mantan CEO Naver, kini memimpin perusahaan Kakao Inc, yang mempunyai produk aplikasi messaging yang bernama KakaoTalk. Seperti Line, KakaoTalk juga mempunyai emoticon-emoticon lucu.

Sebagaimana ditulis dalam Kompas Tekno, KakaoTalk dirilis dua tahun lalu sebagai aplikasi messaging pertama setelah peluncuran smartphone di Korea Selatan. Sampai saat ini, KakaoTalk mempunyai sekitar 42 juta pengguna terdaftar dengan 8 juta diantaranya berasal dari luar Korea Selatan.

Berbeda dari WhatsApp, KakaoTalk menggunakan ID sebagai identitas penggunanya. Sehingga privasi pengguna lebih terjamin karena tidak perlu menyebarkan nomor telepon untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui KakaoTalk. Walaupun begitu, pengguna tetap dapat menambahkan teman dengan menggunakan nomor teleponnya.

Kelebihan lain dibanding WhatsApp, grup chatting di KakaoTalk tidak dibatasi jumlah anggotanya.

Saat ini KakaoTalk juga sedang mempersiapkan fitur bernama VoiceTalk. Seperti Line, fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan langsung. Sayangnya, fitur ini baru bisa dinikmati oleh pengguna yang menggunakan operator dari Jepang. Di Jepang, fitur ini juga masih dalam fase uji coba.

Fitur Inovatif

Selain fitur-fitur yang ada pada aplikasi messaging lain, KakaoTalk juga mempunyai fitur-fitur inovatif. Diantaranya adalah fitur “plus friend” yang memungkinkan Anda menambahkan artis, perusahaan, atau brand tertentu sebagai teman untuk mengikuti update berita dari mereka. Anda yang menyukai artis-artis K-Pop, akan senang menggunakan aplikasi ini karena ada bisa mem”plus friend” artis-artis seperti Super Junior, Wonder Girls, 2PM, dan JYP Nation.

Berkat fitur “plus friend” tersebut juga, KakaoTalk bisa bekerja sama dengan berbagai perusahaan untuk melakukan penawaran spesial semacam yang dilakukan oleh situs daily deals. Pengguna yang ingin melakukan pembelian, bisa menggunakan pulsa mereka untuk membayar kupon tersebut. Kupon yang telah dibeli, juga bisa dikirimkan kepada teman untuk diberikan sebagai hadiah.

Tidak semua negara dapat menikmati fitur “plus friend” ini. Tetapi kebanyakan artis, sudah dapat ditambahkan sebagai teman secara global.

Ketersediaan

KakaoTalk tersedia untuk pengguna iPhone dan Android. Selain itu, versi beta dari aplikasi KakaoTalk juga sudah tersedia untuk pengguna Blackberry. Tetapi Anda pengguna telepon berbasis Symbian, sepertinya tidak dapat menikmati aplikasi ini karena saat ini, KakaoTalk tidak berencana untuk membuat versi Symbian dari aplikasi ini.

Selain Korea, KakaoTalk juga tersedia dalam 13 bahasa lain, termasuk Indonesia.

Keunikan lain dari KakaoTalk adalah keterikatan dengan penggunanya. Anda bisa mencoba membuka akun twitter KakaoTalk dan menemukan akun tersebut banyak menjawab pertanyaan dari penggunanya. Anda akan mendapatkan banyak informasi dari akun tersebut. Jadi, tertarikkah Anda untuk mengajak teman-teman Anda berpindah ke KakaoTalk?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Mengapa Pada Dasarnya Rocket Internet Membantu Indonesia

Next Story

Tiga Aplikasi Lokal di Galaxy Terbaru dari Samsung

Latest from Blog

Don't Miss

Snack Video Punya 43 Juta Pengguna di Indonesia, Siap Ungguli para Pesaingnya

Siapa yang saat ini tidak mengakses aplikasi berbasis video pendek?

Whatsapp Bakal Bisa Kirim Gambar Tanpa Kompresi?

Siapa yang saat ini masih menggunakan Whatsapp untuk mengirim gambar?