Jumlah Penonton League of Legends Worlds 2022 Sempat Turun Drastis

Salah satu alasannya, karena waktu tayang yang menyulitkan penonton Eropa dan Asia untuk menonton

League of Legends Worlds 2022 telah mulai digelar pada 29 September 2022. Turnamen tahunan paling bergengsi di ekosistem League of Legends ini akan mengadu tim-tim terbaik dari seluruh dunia. Kompetisi tersebut akan berlangsung hingga 5 November 2022 mendatang.

Setiap tahun, Worlds selalu menarik perhatian banyak penonton. Liga nasional atau regional League of Legends juga cukup sering masuk dalam daftar turnamen esports terpopuler. Namun, tahun ini, Riot Games tampaknya menemukan sedikit masalah.

Sejauh ini, Worlds 2022 telah disiarkan selama 126 jam 35 menit. Dari sana, kompetisi itu mendapatkan 191,1 juta views dan 104 juta jam hours watched. Rata-rata, jumlah penonton dari Worlds 2022 mencapai 821,7 ribu orang. Dan pada puncaknya, ada 1,66 juta orang yang menonton kompetisi dunia League of Legends tersebut. Berikut data viewership dari Esports Charts.

Viewership dari Group Stage League of Legends Worlds 2022

League of Legends Worlds 2022 terbagi ke dalam beberapa tahap. Dalam tahap Group Stage, 16 tim terbaik dunia akan dibagi ke dalam 4 kelompok untuk bertanding dengan satu sama lain dengan format Double Round Robin. Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan melaju ke Knockout Stage.

Pertandingan di Group Stage menggunakan format Best-of-One (Bo1). Dari delapan tim yang lolos ke Knockout Stage, tujuh tim merupakan tim asal Korea Selatan atau Tiongkok. Rogue menjadi satu-satunya tim Eropa yang lolos ke Knockout Stage.

Berdasarkan data dari Esports Charts, Group Stage dari Worlds 2022 berhasil mendapatkan 23,7 juta jam hours watched dan average viewers sebanyak 864,6 ribu orang. Jumlah penonton rata-rata ini 15% lebih tinggi jika dibandingkan dengan jumlah penonton rata-rata di tahap Play-In. Pada puncaknya, ada 1,39 juta orang yang menonton Group Stage Worlds 2022. Peak viewers ini tercapai ketika tim T1 dari Korea Selatan bertemu dengan Fnatic dari Eropa.

Viewership dari Group Stage Worlds 2022. | Sumber: Esports Charts

Worlds 2022 disiarkan di lima platform streaming game dalam belasan bahasan. Dari segi hours watched, channel resmi Riot Games di Twitch menjadi channel favorit audiens untuk menonton Worlds 2022.

Sepanjang Group Stage, channel Twitch Riot mendapatkan 8 juta lebih hours watched, atau sekitar 34% dari total hours watched untuk Group Stage. Selain itu, channel favorit para penonton lainnya adalah channel resmi LoL Esports di YouTube. Secara total, channel YouTube itu mendapatkan 2,45 juta hours watched, untuk Group Stage.

Viewership dari Quarter Finals 1 dan 2

Babak pertama dari Quarter Final Worlds 2022 jatuh pada 21 Oktober 2022 lalu. Di pertandingan itu, JD Gaming bertemu dengan Rogue. Sayangnya, walau pertandingan tersebut mempertemukan juara liga League of Legends Tiongkok dengan pemenang liga League of Legends Eropa, viewership dari babak tersebut mengecewakan.

Babak QF antara JD Gaming dan Rogue hanya mendapatkan 2,6 juta hours watched. Pada puncaknya, ada 1 juta orang yang menonton pertandingan itu, dengan jumlah penonton rata-rata mencapai 740,8 ribu orang. Menurut Esports Charts, dengan peak viewers sebanyak 1 juta orang, babak Quarter Final pertama ini merupakan pertandingan QF di Worlds dengan jumlah penonton paling sedikit ke-2 sepanjang sejarah.

Viewership dari Quarter Final pertama dari Worlds 2022. | Sumber: Esports Charts

Satu-satunya pertandingan QF di Worlds yang memiliki jumlah peak viewers lebih sedikit adalah babak Quarter Final yang mempertemukan Samsung Galaxy dengan Longzhu Gaming di Worlds 2017. Ketika itu, pertandingan tersebut hanya berhasil mendapatkan 793 ribu orang peak viewers. Sebagai perbandingan, pada Worlds 2021, jumlah peak viewers paling rendah untuk pertandingan Quarter Final adalah 1,8 juta orang dan di 2020, jumlah penonton terendah tetap mencapai 1,7 juta peak viewers.

Seolah hal itu tidak cukup buruk, viewership dari QF pertama ini juga lebih rendah dari viewership tahap Group Stage. Padahal, di 2021, pertandingan playoff selalu berhasil mendapatkan audiens lebih banyak dari pertandingan di Group Stage. Tak hanya itu, banyak pertandingan Group Stage pada Worlds 2021 yang memiliki viewership lebih baik dari QF pertama ini.

Alasan viewership turun

Ada dua alasan mengapa viewership dari Quarter Final pertama Worlds 2022 mengecewakan. Pertama, masalah zona waktu. Worlds 2022 digelar di Amerika Serikat. Alhasil, jadwal siaran pun mengikuti waktu dari negara itu. Padahal, kebanyakan penonton dari League of Legends Worlds tinggal di Eropa atau Asia. Perbedaan zona waktu membuat Worlds disiarkan di malam hari untuk kawasan Eropa dan di pagi buta untuk Asia. Alhasil, viewership dari Worlds 2022 pun sempat turun drastis.

Alasan lain mengapa babak QF pertama Worlds 2022 tidak banyak ditonton adalah karena dari Rogue memang kurang populer jika dibandingkan dengan Fnatic atau G2 Esports. Tidak bisa dipungkiri, Rogue adalah tim yang hebat. Sayangnya, fans mereka tidak sebanyak fans dari organisasi esports Eropa besar lainnya. Popularitas Rogue ini memiliki pengaruh langsung pada jumlah penonton dari babak QF Worlds 2022.

Viewership dari babak Quarter Final ke-2 dari Worlds 2022. | Sumber: Esports Charts

Viewership dari babak Quarter Final kedua Worlds 2022 jauh lebih baik dari pertandingan sebelumnya. Kali ini, T1 dari Korea Selatan harus bertemu dengan Royal Never Give Up (RNG) dari Tiongkok. Secara total, babak QF antara T1 dan RNG berhasil mendapatkan 4,3 juta hours watched, naik 65% jika dibandingkan dengan babak QF antara JD Gaming dan Rogue. Sementara jumlah penonton rata-rata dari babak QF kedua ini mencapai 1,1 juta orang, naik 50% dari babak QF pertama.

Pada puncaknya, ada 1,6 juta orang yang menonton pertandingan antara T1 dan RNG. Jika dibandingkan dengan QF pertama, jumlah peak viewers QF kedua menunjukkan kenaikan sebesar 59%. Dengan ini, pertandingan antara T1 dan RNG menjadi pertandingan terpopuler ke-2 sepanjang Worlds 2022.

Lima pertandingan terpopuler di Worlds 2022 saat ini. | Sumber: Esports Charts

Sampai saat ini, gelar pertandingan terpopuler di Worlds 2022 dipegang oleh pertandingan antara Damwon KIA melawan Gen.G di Quarter Finals ke-3. Jumlah peak viewers dari pertandingan itu mencapai 1,66 juta orang. Babak Quarter Finals ke-4 -- yang mengadu EDward Gaming dan DRX -- mendapatkan peak viewers sebanyak 1,59 juta orang, menjadikannya sebagai pertandingan terpopuler ke-3 di Worlds 2022.

Walau viewership dari babak Quarter Final Worlds 2022 mulai membaik, secara keseluruhan, jumlah penonton dari Worlds 2022 masih kalah dari turnamen tahun lalu.