Jumlah Penonton Game Awards Melebihi Penonton Oscar

Jumlah penonton live streaming Game Awards capai 45 juta orang

Setiap akhir tahun, Game Awards menjadi ajang untuk memberikan penghargaan pada game-game terbaik yang diluncurkan dalam satu tahun terakhir. Game Awards sendiri berhasil memecahkan rekor jumlah penonton. Tahun ini, viewership dari Game Awards mencapai 45 juta orang, naik 72 persen dari tahun lalu. Satu hal yang menarik, ini berarti, jumlah penonton Game Awards melebihi penonton Oscars/Academy Awards, yang hanya mencapai 29,6 juta orang.

Menurut Video Game Analyst, Niko Partners, Daniel Ahmad, pada puncaknya, jumlah concurrent viewers Game Awards mencapai 7,5 juta orang. Sementara jumlah orang yang ikut serta dalam pemungutan suara mencapai 15,5 juta orang, naik 50 persen dari tahun lalu. Game Awards tahun ini disiarkan di lebih dari 50 platform online, termasuk Twitch, YouTube, dan Twitter.

Kali ini, Twitch, yang dikenal sebagai platform live streaming untuk gamer, memberikan kontribusi yang lebih besar dari tahun lalu. Tahun ini, ada 4.700 streamer Twitch yang menyiarkan Game Awards untuk audiens mereka. Sebagai perbandingan, tahun lalu, hanya ada 3.300 orang yang menyiarkan streaming Game Awards. Sementara dari segi penonton, secara total, concurrent viewers dari Twitch mencapai 1,3 juta orang, naik dari 1,1 juta orang pada tahun 2018.

Game Awards pertama kali diadakan pada 2014. Ketika itu, jumlah penonton Game Awards hanya mencapai 1,9 juta orang. Seiring dengan semakin populernya game, jumlah penonton dari ajang penghargaan untuk game ini terus naik. Anda bisa melihat kenaikan jumlah penonton dari tahun ke tahun pada grafik di bawah.

Sumber data: IGN

"Kami bersukur dan senang dengan pertumbuhan The Game Awards selama enam tahun belakangan," kata Geoff Keighley, kreator dan produser The Game Awards, seperti dikutip dari Fox Business. "Hasil yang mengagumkan ini menunjukkan bahwa industri gaming terus berkembang, menjangkau audiens baru di seluruh dunia, dan angka ini memperkuat kepercayaan kami untuk menyiarkan ajang ini secara live di lebih dari 50 platform digital."

Seperti namanya, Game Awards memberikan berbagai penghargaan pada game-game yang dirilis dalam satu tahun belakangan. Tahun ini, gelar Game of the Year jatuh ke Sekiro: Shadows Die Twice. Selain itu, seperti yang disebutkan oleh IGN, Game Awards juga menjadi ajang bagi para pelaku industri game untuk mengumumkan kabar terbaru. Misalnya, dalam Game Awards tahun ini, Microsoft memamerkan desain konsol Xbox baru sementara Telltale Games mengumumkan keberadaan The Wolf Among Us 2.

Sumber header: The Verge