4 January 2022

by Galih

Awal Tahun 2022 Steam Langsung Kembali Pecahkan Rekor Jumlah Pemain

Kelihatannya banyak orang yang menghabiskan libur tahun baru dengan bermain game.

Pandemi yang terus bergulir kelihatannya membuat banyak orang menghabiskan libur tahun barunya dengan bermain game. Hal ini terlihat dengan meningkatnya jumlah pemain Steam yang aktif secara bersamaan (concurrent users)ย dalam rentang waktu tahun baru.

Para gamer yang menghabiskan weekend pertama 2022 di rumah ini bahkan telah memecahkan rekor Steam. Tepatnya pada hari Minggu 2 Januari 2022 menjadi momen bersejarah karena sebanyak 27,942.458 gamer di seluruh dunia aktif di Steam secara bersamaan.

Angka menakjubkan tersebut berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dicatat Steam pada 28 November 2021 lalu yaitu 27,4 juta gamer.

Image Credit: Gamerant

Hal ini berarti ada lebih dari 500.000 gamer tambahan dari rekor sebelumnya. Apakah Steam akan memecahkan rekor tadi dalam beberapa bulan ke depan?

Yang membuat rekor ini semakin menakjubkan adalah jumlah pemain masif tersebut dapat tercapai tanpa adanya upaya spesifik dari Steam. Sehingga bisa dikatakan rekor tersebut berhasil dapat diraih secara organik.

Untuk peringkat game-game teramai pada saat rekor tersebut tercipta juga tidak terlalu mengejutkan. Game dengan jumlah pemain terbanyak adalah Counter Strike: Global Offensive dengan puncak pemain sebanyak 867.147 pemain.

Di posisi kedua ditempati oleh Dota 2 dengan 761.107 pemain. Diikuti dengan PUBG dengan sekitar 350.000 pemain dan juga Apex Legends yang berhasil mendapatkan 221.000 pemain.

Image Credit: Rockstar

Selain game-game tersebut, di Top 10 game Steam juga dihuni game-game populer lainnya seperti Grand Theft Auto V, Naraka: Bladepoint, Team Fortress 2, New World, Rust, dan Ark: Survival Evolved.

Steam terus mengalami peningkatan jumlah pengguna sejak dua tahun lalu terutama ketika pandemi Corona mulai menyebar ke seluruh dunia dan aturan untuk isolasi mandiri di rumah mulai digalakkan di berbagai negara.

Semenjak itu, Steam terus mendapatkan grafik meningkat dari jumlah gameryang online dan telah memecahkan rekornya sendiri beberapa kali. Mulai dari berhasil menembus 20 juta pemain pada Maret 2020, 24,7 juta pemain pada Desember 2020, dan terus meningkat hingga tahun ini yang sudah akan menembus 28 juta pemain.