Meski Penuh Rintangan, FunPlus Phoenix Juara VCT Masters Copenhagen 2022

Kekalahan Paper Rex memang mengecewakan, namun mereka tetap jadi kebanggaan regional APAC.

Meski melewati segala macam rintangan, FunPlus Phoenix juara VCT Masters Copenhagen 2022. Paper Rex harus puas di posisi 2.

Pertandingan VALORANT Champions Tour (VCT) Masters Copenhagen 2022 telah selesai. Kali ini dua tim hadir mewarnai grand final yaitu FunPlus Phoenix dari regional EMEA melawan Paper Rex dari regional APAC.

Keseruan dari ajang kali ini semakin bertambah ketika juara bertahan di seri sebelumnya OpTic Gaming harus gugur di tangan FunPlus Phoenix. Paper Rex sendiri mencatatkan sejarah sebagai tim APAC pertama yang mampu melaju ke babak grand final.

Membawa format best-of-five, FunPlus Phoenix berhasil menjadi juara setelah memastikan kemenangan lewat skor 3-2. Tim FPX dinilai menjadi counter alami Paper Rex karena mampu membaca gerakan agresif, strategi retake, hingga strategi bertahan di site.

Sumber: Riot Games

Berbeda dengan FPX yang melaju ke grand final melalui lower bracket, Paper Rex dengan nyaman melaju dari upper bracket. Permainan apik mindfreak dkk. berhasil mengalahkan Guild Esports, Fnatic, dan OpTic Gaming.

Lantas, bagaimana jalannya partai grand final di VCT Masters Copenhagen 2022? Berapa hadiah yang berhasil dikantongi FPX sebagai sang juara?

FunPlus Phoenix Tunjukkan Strategi Efektif di Grand Final

Sumber: Riot Games

Pada pertandingan pembuka, PRX memilih map Bind dan ingin mengulang strategi saat mengalahkan OpTic Gaming dengan mengkombinasikan Yoru. Meski begitu, justru sang IGL FPX yang bersinar yaitu ANGE1 dengan torehan KDA 18/8/6.

Tim PRX yang terkenal agresif tersebut justru tidak mampu merespon permainan defensif FPX. Setelah kalah di pertandingan pembuka, rupanya FunPlus Phoenix mampu mengamankan turnamen berikutnya di laga kedua.

Butuh satu kemenangan lagi, rupanya Paper Rex belum ingin menyerahkan gelar juara. Wakil APAC tersebut terus memberikan permainan yang indah dengan kombinasi mindfreak dan f0rsaken berjalan baik.

Setelah menyamakan skor 2-2, Paper Rex dan FunPlus Phoenix bermain cukup aman di map Breeze. Giliran SUYGETSU yang bermain sangat baik dengan memimpin perolehan kill, bahkan SUYGETSU sempat mengeliminasi 4 pemain PRX dengan cepat.

Dengan kemenangan 3-2, maka FunPlus Phoenix berhak menjadi juara di VCT Masters Copenhagen 2022. Berikut pembagian hadiah dan poinnya, yaitu:

  1. FunPlus Phoenix - US$200,000 + Trofi + 1.000 Poin
  2. Paper Rex - US$120,000 + 750 Poin
  3. OpTic Gaming - US$85,000 + 500 Poin
  4. Fnatic - US$65,000 + 400 Poin

Sumber: VCT

Meski kalah, kedua tim akan kembali bertanding pada turnamen VALORANT Champions Istanbul pada bulan September mendatang. Setidaknya ada 16 tim yang akan bertanding kembali dengan format LAN di turnamen tersebut.