5 March 2020

by Glenn Kaonang

GorillaPod Mobile Vlogging Kit Diciptakan untuk Calon-Calon Influencer Baru

Tripod fleksibel, lampu LED portable, dan mikrofon dengan dudukan peredam getaran

Dibanding lima tahun yang lalu, vlogging sekarang jelas lebih mudah dilakukan. Alasannya bukan semata karena kualitas kamera smartphone yang terus meningkat, tapi karena alat-alat pendukungnya sudah jauh lebih lengkap.

Lihat saja produk terbaru yang diluncurkan Joby berikut ini. Dinamai GorillaPod Mobile Vlogging Kit, bundel ini terdiri dari tiga perangkat: GorillaPod Mobile Rig, Beamo Mini LED, dan mikrofon Wavo Mobile. Ketiganya betul-betul dirancang untuk memudahkan pekerjaan kreator konten yang banyak mengandalkan smartphone-nya.

GorillaPod sendiri sudah tidak perlu saya jelaskan lagi kegunaannya, sebab produk ini sudah begitu populer sampai akhirnya dianggap sebagai kategori sendiri di Tokopedia. Untuk Beamo Mini, lampu LED portable ini rupanya cukup perkasa, mampu memancarkan cahaya hingga seterang 1.000 lumen.

Namun yang lebih penting dalam konteks vlogging adalah, suhu warna cahaya yang dipancarkan adalah 5100 K, dan jika dipadukan dengan diffuser bawaannya, Joby mengklaim perangkat ini bisa membantu pengguna menghasilkan video dengan warna skin tone yang sangat alami. Selain dipasang di GorillaPod, Beamo Mini juga dapat ditempelkan ke permukaan logam mengingat sisi belakangnya dibekali magnet.

Terakhir, ada mikrofon Wavo Mobile yang mengunggulkan dudukan unik dengan kemampuan meredam getaran, sehingga suara-suara dari pergerakan pengguna (berjalan, berlari, dan lain sebagainya) tidak ikut tertangkap oleh mic. Lebih lanjut, mode pengambilan suara cardioid yang diandalkan juga akan membantu meminimalkan suara-suara dari arah lain.

Bundel GorillaPod Mobile Vlogging Kit ini dipasarkan seharga $200, $10 lebih murah ketimbang kalau konsumen membeli tiap-tiap komponennya secara terpisah. Memang tidak bisa dibilang terjangkau, tapi setidaknya aksesori-aksesori ini masih bisa digunakan dengan kamera mirrorless kecil seandainya pengguna memutuskan untuk meng-upgrade gear-nya.

Sumber: DPReview.