Esports Ecosystem

JD High School League Sudah Temukan Para Juaranya

14 Dec 2018 | Yabes Elia
SMK di Makassar Juara MLBB, SMA di Bandung Juara Dota2

JD High School League 2018 sudah merampungkan babak grand final mereka dan menemukan 2 tim yang jadi juara untuk 2 game yang dipertandingkan (MLBB dan Dota 2).

SMA Negeri 7 Bandung menjadi tim Dota 2 terbaik di tingkat pelajar. Sedangkan SMK Telkom Makassar menjadi tim MLBB terbaik di tingkat yang sama. Babak grand final ini digelar kemarin (13 Desember 2018) di Britama Arena, Kelapa Gading.

Selain kedua tim tersebut, berikut ini adalah daftar lengkap para juaranya:

JD HSL 2018 Dota 2:

  • Juara 1: SMAN 7 Bandung
  • Juara 2: SMAN 23 Bandung
  • Juara 3: SMA MARSUDIRINI Bekasi

JD HSL 2018 MLBB:

  • Juara 1: SMK TELKOM Makassar
  • Juara 2: SMAK 1 PETRA Surabaya
  • Juara 3: SMAN 1 Purwodadi

“Jalan masih panjang untuk mencapai (tingkat) profesional. Namun turnamen ini bisa jadi landasan yang bagus dan dapat menunjukkan nilai-nilai positif esports ke orang tua dan guru.” ungkap Gisma Priayudha Assyidiq, Project Director dari JD HSL.

Kompetisi yang ditujukan untuk para pelajar ini juga memiliki standar nilai akademik buat para pemainnya untuk tetap dapat berpartisipasi namun standar nilai tersebut ditentukan oleh sekolahnya masing-masing.

20 tim terbaik yang berlaga di JD HSL 2018 ini akan kembali lagi bertanding dalam bentuk liga yang rencananya akan digelar dari bulan Maret 2019.

Turnamen yang disponsori oleh JD.ID, Lenovo, dan Corsair ini memperebutkan total hadiah sampai dengan Rp1,2 miliar dengan pembagian hadiah sebagai berikut:

Sumber: IHSL
Sumber: IHSL

Kira-kira bagaimana kelanjutan para pelajar dalam berkompetisi di sini? Apakah SMAN 7 Bandung berhasil mempertahankan gelar juaranya nanti? Bagaimana dengan tim MLBB? Apakah para pelajar ini nantinya dapat terus melanjutkan karirnya sebagai para gamer profesional?