30 November 2016

by Glenn Kaonang

Jangan Sembarangan Capture Instagram Direct Seseorang, Mereka Akan Menerima Notifikasinya

Hanya berlaku untuk pesan yang bersifat sementara, alias akan dihapus secara otomatis setelah sang penerima melihatnya

Instagram kembali meniru fitur Snapchat, tapi kali ini demi kebaikan penggunanya, terutama dalam hal privasi. Sekarang, Instagram akan mengirimkan notifikasi ketika ada seseorang yang mengambil screenshot dari pesan bersifat sementara – akan dihapus secara otomatis setelah sang penerima melihatnya – via fitur Direct.

Dari dalam aplikasi, sebenarnya Anda sudah bisa melihat siapa saja user yang meng-capture foto atau video yang Anda kirim lewat Direct. Perlu dicatat, ini cuma berlaku untuk pesan dalam format baru yang akan hilang dengan sendirinya; pesan standar di Direct tidak terpengaruh.

Tanpa bermaksud menyulitkan para stalker, keputusan ini cukup masuk akal mengingat pastinya ada alasan di balik pesan bersifat sementara tersebut; kalau Anda tidak keberatan foto atau video tersebut disebarluaskan, Anda pasti akan mengirimnya sebagai pesan standar atau malah mengunggahnya seperti biasa ke Instagram.

Sejauh ini tidak diketahui apakah fitur ini sudah tersedia untuk semua pengguna. Berdasarkan pengujian TheNextWeb, pengguna Android sepertinya belum kebagian jatah. Kemungkinan besar Instagram baru mengujinya bersama sejumlah pengguna perangkat iOS saja.

Sumber: TheNextWeb dan The Verge. Gambar header: Pexels.