Dark
Light

Jakarta Bakal Jadi Satu-satunya Kota di Asia yang Menggelar BBM Apps Hackathon

1 min read
September 26, 2011

Research in Motion akan mengadakan acara BlackBerry Messenger (BBM) Apps Hackathon di sembilan kota di dunia mulai akhir September ini dan Jakarta mendapatkan kehormatan untuk menjadi satu-satunya kota di Asia yang menjadi tuan rumah acara ini. Kota-kota yang lain tersebar di Amerika Utara dan Eropa. Ajang yang memiliki semangat “by developers for developers” ini belum memiliki tanggal dan lokasi yang pasti untuk kegiatannya di Jakarta, tapi saya prediksikan kemungkinan besar akan diadakan sekitar bulan November.

Fokus utama BBM Apps Hackathon ini tampaknya tidak akan jauh-jauh dari implementasi Social API di BBM 6. RIM memang terus mendorong BBM menjadi platform sosial (Social Platform) dan mengklaim telah memiliki lebih dari 45 juta pengguna dan 100 miliar pesan yang dikirim setiap bulannya. Sejauh ini baru satu aplikasi dari Indonesia yang telah mengadopsinya, yaitu Menoo buatan Elasitas, di mana implementasinya berupa kemampuan penggunanya untuk berbagi aktivitas kulinernya ke teman-teman melalui status BBM.

Buat saya tidaklah mengherankan bila Jakarta dipilih menjadi salah satu kota yang akan menggelar kegiatan ini. Selain memang pengguna BlackBerry di sini memiliki perkembangan yang sangat pesat, ada begitu banyak pengembang lokal yang memiliki talenta dan telah diakui keberadaannya oleh pihak RIM sendiri. Di tahun 2009, RIM pernah mengadakan BlackBerry Developer Contest untuk Indonesia, sementara di tahun 2010 aplikasi Love Indonesia mendapatkan penghargaan Super Apps untuk kawasan Asia Pasifik.

Dalam hackathon ini peserta juga akan mendapatkan workshop dan kesempatan berinteraksi dengan pakar produk BlackBerry. Tidak disebutkan tentang biaya pendaftaran dan hadiah apa sajakah bagi para pemenang. Anda yang berminat untuk mengikuti acara ini dapat menelaah lebih lanjut tentang apa itu BBM Social Platform di laman ini.

Kami akan perbarui lagi soal detil informasi kegiatan ini begitu mendapatkan konfirmasi lebih lanjut.

[gambar via CrackBerry]

8 Comments

  1. bangun pabrik di malay, server di singapur.. indonesia cmn kbagian jd tmpt lomba doank… gapapa lah drpd dianggurin

  2. Smg beneran tdk cuman janji palsu dr RIM utk menggelar BBM Hackatons..soalnya RIM pnh boong bilang mau  bangun pabrik di sini nyatanya di Malay, servernya dibangun di Singapur pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Social Media Festival Highlights Indonesia’s Love Affair with the Internet

Next Story

Hari Ini, Updaterus.com Resmi Merilis Versi Beta

Latest from Blog

Don't Miss

Mulai Hari Ini Perangkat Lawas BlackBerry Tak Lagi Berfungsi

Apa yang Anda rindukan dari perangkat BlackBerry? Keyboard QWERTY fisiknya

Introducing nafas, Air Quality Monitoring Application in Jabodetabek

The 2018 Asian Games in Jakarta & Palembang creates a moment