Dark
Light

Jagokan Baterai 5000mAh dan ‘Fitur Produktif’, Lenovo Vibe P1 Turbo Hadir di Indonesia

2 mins read
January 27, 2016

Secanggih apapun smartphone, device tidak akan berguna tanpa dukungan baterai yang layak. Banyak orang melakukan berbagai hal demi memastikan baterai di handset tetap awet, dari mulai menutup app via task manager sampai menonaktifkan konektivitas. Ternyata cara-cara itu tidak lagi efektif, dan menurut Lenovo, solusinya ialah memilih device dengan kapasitas baterai mumpuni.

Di bulan Oktober 2015 silam, produsen elektronik Tiongkok itu menyampaikan rencana untuk menghadirkan Vibe P1M di tanah air. Salah satu daya tarik produk adalah baterai 4.000mAh. Jika angka ini masih belum cukup memuaskan bagi Anda, pada tanggal 26 Januari 2016 Lenovo melepas anggota paling baru keluarga Power Player (Power Series), yaitu Lenovo Vibe P1 Turbo. Selain baterai yang lebih perkasa, device dibekali sejumlah fitur produktif.

Lenovo Vibe P1 Turbo 01

Layaknya varian Power Player, kapabilitas baterai menjadi fokus utama Lenovo. Produsen membubuhkan baterai 5.000mAh, melengkapi handset dengan tombol manual untuk memperpanjang daya tahannya, ditambah lagi kemampuan charging on-the-go (OTG) – buat mengisi ulang device-device lain misalnya smartphone kedua, headset Bluetooth atau speaker portable layaknya power bank.

Fitur yang berkaitan dengan baterai dan charging tidak cuma itu. Untuk mencapai 80 persen dari kondisi benar-benar kosong, Anda hanya memerlukan waktu 60 menit. Smartphone juga diklaim sanggup bertahan sampai 81 jam. Tapi dari penjelasan lebih jauh 4P manager Anvid Erdian, 81 jam adalah durasi maksimal. Lewat pemakaian normal sehari-hari, tentu saja Anda harus sedikit lebih sering menyambungkan Vibe P1 Turbo ke sumber listrik.

Lenovo Vibe P1 Turbo 13

Fungsi pendukung produktivitas yang sempat dibahas sebelumnya meliputi teknologi Wi-Fi Boost buat menopang Wi-Fi 5G dan kehadiran chip NFC. Lalu teknologi Smart PA diusung demi memaksimalkan output audio dipadu kemampuan isolasi suara – sehingga resonansi meningkat dan bass terdengar lebih baik. Untuk akses cepat dan praktis, Lenovo Vibe P1 Turbo menyajikan fitur pemindai sidik jari, diposisikan di tombol Home. Memang seberapa esensialkah fingerprint scanner di handset?

Lenovo Vibe P1 Turbo 04

Country head Adrie R. Suhadi bilang, meskipun awalnya pembaca fingerprint tampak sepele, Anda baru benar-benar merasa device ‘tidak lengkap’ ketika beralih ke smartphone tanpa pemindai sidik jari. Ia sangat berguna saat sedang diperjalanan, bisa langsung membawa kita ke halaman terakhir. Beberapa fitur di atas tersedia berkat system-on-chip Qualcomm Snapdragon 615.

Lenovo Vibe P1 Turbo 02

Snapdragon 615 menyimpan CPU octa-core ARM Cortex A53 berkecepatan 1,5GHz dan chip grafis Adreno 405. Komponen dibantu RAM 3GB (Indonesia merupakan negara pertama tempat mendaratnya P1 Turbo dengan RAM 3GB), dan flash memory seluas 32GB.

Lenovo Vibe P1 Turbo 10

Lenovo Vibe P1 Turbo 08

Performa kameranya sudah memenuhi ‘standar fotografi mobile modern’. Terdapat sensor 13-Mp di kamera utama dibantu lensa f/2.2, autofocus phase detection dan flash dual LED. Untuk selfie atau video chat, ada kamera bersensor 5-Mp di sisi depan.

Lenovo Vibe P1 Turbo 09

Lenovo Vibe P1 Turbo 12

Penampilan Lenovo Vibe P1 Turbo hampir identik dengan varian sebelumnya. Ia menyuguhkan layar full-HD 401ppi seluas 5,5-inci berlapis Corning Gorilla Glass 3. Smartphone memiliki dimensi 143x72x9,35-mm, memanfaatkan tubuh berstruktur logam. Di bagian tertipis, ketebalan menurun hingga 4mm. Baterai 5.000mAh mungkin membuat Anda khawatir terhadap bobotnya – bayangkan saja power bank berkapasitas serupa. Nyatanya, Vibe P1 Turbo mempunyai berat kurang dari 200-gram, tepatnya 189g.

Lenovo Vibe P1 Turbo 07

“Banyak konsumen Indonesia saat ini memiliki mobilitas sangat tinggi dan mengharapkan smartphone yang sesuai dengan lifestyle always-on mereka,” ungkap Adrie di press release. “Lenovo Vibe P1 Turbo benar-benar dioptimalkan untuk produktivitas sepanjang hari dan konektivitas yang menyenangkan.”

Lenovo Vibe P1 Turbo 03

Lenovo telah membuka gerbang pre-order Vibe P1 Turbo pada tanggal 26 Januari kemarin dan rencananya akan berlangsung sampai 11 Februari nanti. Produk ditawarkan seharga Rp 4 juta. Anda bisa memesannya lewat online channel Blibli, Bhinneka, Matahari Mall, DinoMarket, Erafone dan Lazada.

Khusus bagi Anda yang pre-order, Lenovo menyediakan paket ‘On the Go Kit’ berisi thumb-drive USB 32GB, mouse Bluetooth, dan phone stand secara cuma-cuma; plus akses data 4G LTE gratis sebesar 6GB dari Indosat selama tiga bulan serta cashback hingga Rp 500 ribu.

Pelanggan Matrix Ooredoo Super Plan juga dijajakan voucher belanja Rp 100 ribu di Indomaret dengan melakukan transaksi di Blibli.com.

Lenovo Vibe P1 Turbo 11

Lenovo Vibe P1 Turbo 05

Catatan: Artikel sebelumnya tentang Lenovo Vibe P1 sempat kami publikasikan tetapi kami ganti dengan artikel ini karena lebih lengkap dan merupakan liputan langsung.  

Previous Story

Kabel Ini Akan Backup Data Smartphone Setiap Kali Di-Charge

Next Story

PC Kalahkan Mobile Dalam Penjualan Konten Digital, Hasilkan $ 6,3 Miliar di 2015

Latest from Blog

Don't Miss

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Mobile photography adalah salah satu skill penting yang perlu dikuasai
Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Bagi yang tertarik dan penasaran bagaimana pengalaman menggunakan smartphone foldable,