Jadwal Grand Final The International 11: Tersisa 4 Tim Kandidat Juara Dunia

Uniknya, dari 4 tim Dota 2 yang melaju ke fase Grand Final, 2 tim datang dari jalur kualifikasi LCQ, yaitu Liquid dan Secret

Turnamen esports level tertinggi dari Dota 2, The International 11 yang digelar di Singapura, akan memasuki babak grand final. Benar, dari total 20 tim yang bermain sejak awal babak grup, kini hanya tersisa 4 tim yang berkesempatan mengangkat trofi Aegis.

Keempat tim yang melaju ke babak Grand Final The International 11 adalah Tundra Esports, Team Secret, Team Liquid dari Eropa, dan Team Aster dari Tiongkok.

">

Turnamennya sendiri saat ini sedang mengalami rehat dan baru akan melaju ke babak Grand Final tepatnya pada 29-30 Oktober 2022 mendatang. Menggunakan format double-elimination, nantinya akan ada 1 tim yang turun ke lower bracket dan juga tereliminasi di hari pertama.

Team Secret akan melawan Tundra Esports di upper bracket final, sedangkan Team Liquid akan melawan Team Aster untuk melaju ke fase lower bracket final.

The International 11 hadirkan banyak kejutan

Sumber: Valve

Selain pertama kalinya mampir ke Asia Tenggara, rupanya gelaran The International kali ini juga membawa banyak kejutan. Salah satu hal yang paling banyak diperbincangkan adalah kekalahan sang juara bertahan, Team Spirit, ketika melawan BOOM Esports.

BOOM Esports juga melaju ke babak playoff dengan hasil yang mengejutkan. Benar, tim tersebut hanya memiliki peluang lolos sebesar 1,42% setelah gagal memaksimalkan peluang di fase babak grup hari pertama dan kedua, meski pada akhirnya tampil apik di hari terakhir.

">

Kemenangan BOOM Esports melawan Team Spirit juga menyelesaikan harapan dari sang juara bertahan. Selain Team Spirit, kejutan lain juga datang dari tim PSG.LGD.

Sumber: Dota 2

Tim yang diisi oleh Ame dkk. memang menjadi tim favorit juara setelah lolos ke babak final di dua tahun terakhir The International. Meski tim asal Tiongkok tersebut terus mengalami kekalahan pahit di partai final, masih banyak yang mengunggulkannya sebagai kandidat juara favorit.

Namun nahas, PSG.LGD justru kalah di tangan Team Aster dengan skor 2-0 tanpa balas. Kegagalan ini juga menyisakan cerita lain karena Faith_bian memutuskan untuk pensiun dari skena kompetitif Dota 2 pasca kekalahan tersebut.

Sumber: Dota 2

Evil Geniuses yang tampil memukau di babak grup, namun gugur cepat di fase playoff juga menjadi kisah tersendiri. Bagaimana tidak, Evil Geniuses mampu menang dengan hasil memukau, yaitu 7 kemenangan dan 2 kekalahan.

Namun Arteezy dkk. langsung gugur dengan dua kekalahan beruntun di babak playoff dari tim Amerika Latin, yaitu Thunder Awaken dan beastcoast.

Jadwal Grand Final The International 11

Sumber: Dota 2

Saat ini tersisa hanya beberapa hari untuk menentukan sang juara berikutnya pada 29 dan 30 Oktober 2022 mendatang. Berikut jadwal pertandingan di babak Grand Final The International 11:

Sabtu, 29 Oktober 2022

[Upper Bracket Final] Team Secret vs Tundra Esports: 11.00 WIB [Lower Bracket R5] Team Aster vs Team Liquid: 14:00 WIB

Minggu, 30 Oktober 2022

Loser Upper Bracket Final vs Team Aster/Team Liquid: 11:00 WIB Winner Upper Bracket Final vs Winner Lower Bracket Final: 15:30 WIB

Anda bisa menonton pertandingannya di kanal YouTube PGL di sini.