Dark
Light

Jadi App Developer Nokia Instan

1 min read
May 5, 2010

Pengen jadi app developer dadakan? Silakan kunjungi halaman OviAppWizard, yang menjanjikan langkah-langkah praktis untuk mengembangkan aplikasi untuk ponsel Nokia dan langsung menjualnya di Ovi Store.

Fast. Easy Free. Open to everyone. No programming skills needed.” Slogan yang dipampang sangat menjanjikan ya. Untuk bagian yang “no programming skills needed” ini Nokia menyediakan contoh tools untuk mengimpor umpanan RSS dari website kita dan menjadikannya sebuah aplikasi yang langsung bisa dikirim ke Ovi Store.

Bahkan menurut video yang dikirim oleh Nokia ini, mereka mengklaim cuma butuh 5 menit untuk membuat satu app. Yang sederhana tentunya.

Euforia “app store” memang masih terasa di mana-mana. Walaupun bukan jadi yang pertama, tapi iTunes App Store menjadi katalis bangkitnya toko-toko perangkat lunak sebagai ekosistem dari sebuah platform. Selanjutnya semua mengekor, mulai dari Android Market sampai Ovi Store ini.

iTunes App Store sebagai bagian dari ekosistem iPhone dan kini iPad, dikenal sebagai sebuah surga bertembok tinggi. Semua aplikasi harus melewati proses persetujuan dari Apple, yang kadang suka menolak tanpa alasan yang konkrit. Baru-baru ini sebuah kejutan adalah disetujuinya Opera Mini untuk masuk ke iTunes App Store, yang biasanya menolak aplikasi yang mempunyai fungsi yang sama dengan yang sudah disediakan oleh iPhone. Belum lagi masih hangat berita bahwa Apple, di tengah perseteruannya dengan Adobe soal Flash, bilang mereka akan menolak aplikasi yang dibangun dengan bantuan tools seperti Adobe CS5.

Hal-hal di atas sepertinya dilihat oleh Nokia sebagai celah untuk menarik minat para pengembang. Pilih mana, yang harus deg-degan nunggu persetujuan atau yang langsung masuk pasar? Yang mesti belajar coding atau yang bisa copy-paste aja?

Inovasi yang menarik dari Nokia, tapi mungkin masih belum cukup untuk menggeser dominasi si raksasa App Store tadi, bila belum didukung oleh device yang mampu bersaing juga. Kita lihat saja apakah Nokia N8 yang bakal keluar pada perempat ketiga tahun ini bisa bikin gaung yang berarti atau nggak.

3 Comments

  1. Terima kasih atas informasi yang diberikan. Ini merupakan kesempatan yang dapat dicoba. Sukses untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Bit.ly Terbaru Versi Fugu Sudah Resmi Dirilis

Next Story

Twitter Siapkan Kutipan

Latest from Blog

Don't Miss

Nokia-G22-6

Bermitra dengan iFixit, HMD Global Bikin Nokia G22 yang Bisa Diperbaiki Dalam Hitungan Menit

HMD Global memeriahkan acara teknologi tahunan Mobile World Congress (MWC)

Whatsapp Bakal Bisa Kirim Gambar Tanpa Kompresi?

Siapa yang saat ini masih menggunakan Whatsapp untuk mengirim gambar?