Esports Ecosystem

Italia Jadi Juara UEFA eEURO 2020, Menang Tipis Lawan Serbia

27 May 2020 | Akbar Priono
Lewat game eFootball PES 2020, Italia adalah juara UEFA eEURO 2020, menang 2-1 lawan Serbia. Kompetisi sepak bola digital ini diikuti 55 negara benua Eropa.

Selama pandemi, banyak pertandingan sepak bola jadi ditunda. Namun demikian, FIFA 20 dan eFootball PES 2020 berusaha untuk tetap menghibur para penggemar sepak bola, lewat sajian pertandingan sepak bola virtual.

Dari sisi FIFA 20 kita sudah melihat dua laga ePremier League yang diikuti oleh para pemain sepak bola sungguhan dari tim Premier League Inggris. ePremier League pertama ada Wolverhampton menjegal Liverpool menjadi juara, dilanjut dengan kemenangan Diogo Jota dari Leicester City pada ePremier League kedua.

Selain ePremier League, gelaran lain yang juga tak kalah seru adalah eEURO 2020. Digelar oleh asosiasi sepak bola Eropa, UEFA, kompetisi ini ditandingkan dengan menggunakan game eFootball PES 2020. Setelah pertandingan panjang, Italia berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Serbia di babak final dengan skor 3-1.

Sumber: UEFA Official Websites
Sumber: UEFA Official Websites

Format eEURO 2020 ini memang sedikit beda. Tidak seperti ePremier League yang melibatkan pemain sepak bola profesional, eEURO 2020 hanya melibatkan gamers saja. Tim Italia sendiri diwakili oleh empat orang gamers, yaitu AlonsoGrayfox, Naples17x, Nicaldan, dan Genoa_Npk02.

Diikuti 55 negara dari benua Eropa, tim Italia memang tampil cukup dominan dalam pertandingan ini. Sejak dari babak perdelapan hingga semi-final, Italia berhasil dua kali menang dominan lawan Israel dan Perancis, masing-masing dengan skor 2-0.

Sementara itu pada babak final, Serbia menjadi lawan yang cukup menantang bagi AlonsoGrayfox dan kawan-kawan. Walau Italia mencetak gol lebih dahulu, namun pemain Serbia Kepa_PFC berhasil menyamakan kedudukan. Skor imbang bertahan hingga jelang akhir permainan. Italia baru bisa bernafas lega setelah Naples17x akhirnya berhasil mencetak gol penentu kemenangan.

“Pertandingan ini menjadi emosi yang luar biasa.” Ucap AlonsoGrayfox setelah kemenangannya di babak final. “Sangat luar biasa bisa mencapai titik ini dan kin kami menjadi juara. Saya kehabisan kata-kata untuk menjelaskan emosi yang saya rasakan. Game penentu bagi kami adalah ketika melawan Prancis di semi-final. Pertandingan itu memberikan kami rasa percaya diri. Saya bangga menjadi orang Italia, dan orang Sardinia. Ini sangat luar biasa, saya masih belum percaya kami bisa melakukannya, ini terasa seperti mimpi.”

Dalam kompetisi yang memperebutkan total hadiah sebesar 140.000 Euro (sekitar Rp2,2 miliar), tim Italia sebagai juara berhak mendapatkan hadiah sebesar 40.000 Euro (sekitar Rp648 juta).

Adakah Anda sekalian penggemar Italia di dalam pertandingan sepak bola? Selamat untuk tim Italia atas kemenangannya di eEURO 2020.