Dark
Light

iSurabaya.net: Layanan Direktori Asal Surabaya

1 min read
August 10, 2011

Indonesia memiliki beberapa layanan yang berhubungan dengan tempat atau lokasi dengan berbagai macam konsep. Untuk LBS antara lain Yahoo! Koprol, BouncityTasterous, kita juga punya layanan direktori seperti BandungReview.com serta Urbanesia dan berbagai layanan lain. Untuk layanan berbasis lokasi di Yogyakarta muncul PersonaFlag dan T4nya.

Sekarang di Surabaya muncul layanan direktori yang berfokus pada penyediakan data dan peta lokasi ditambah dengan review atas lokasi tersebutjadi selain menyediakan berbagai lokasi/tempat di Surabaya, pengguna juga bisa melakukan review atas tempat-tempat tersebut. Layanan ini bernama iSurabaya. Layanan direktori khusus kota Surabaya ini cukup unik dari segi UI nya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri ketika mencoba. Namun dari segi UX sebaiknya harus dibenahi lebih baik, karena pengguna yang pertama kali menggunakan layanan ini, bisa dipastikan akan bingung untuk menggunakan iSurabaya ini.

Anda bisa mencari berbagai tempat yang ada di Surabaya, dengan memasukkan kata kunci atau melihat dari kategori yang tersedia. Nantinya hasil pencarian lokasi akan menampilkan peta yang menjelaskan posisi dari lokasi yang Anda cari. Namun pengguna yang sudah mendaftar di layanan iSurabaya hanya dapat melakukan pencarian tempat di daerah Surabaya dan sekitarnya, kemudian melakukan review atas tempat tersebut, tetapi tidak bisa menambahkan tempat penting yang mereka inginkan.

“Untuk add place kita lebih ke arah pemilik toko, bukan pengguna. Mungkin lebih tepatnya adalah suggest place. Nantinya tim kami akan survey, karena toko di Surabaya cepat tutup dan buka lagi. Kami ingin data yang detail, jadi perlu surveyor. Data detail seperti jam buka, cara bayar, harga, halal atau tidak, dll (kalau restoran),” jelas Johan Sugiono co-founder dari iSurabaya kepada DailySocial melalui YM.

Untuk penambahan tempat, iSurabaya ini seperti fasilitas kurator Koprol dengan surveyor dari iSurabaya yang akan melakukan penambahan tempat, namun ada unsur layanan T4nya juga karena membantu pencarian tempat di Surabaya.

Pada saat Anda menjelajahi iSurabaya, pada homepage mereka telah ada keterangan untuk aplikasi layanan ini tersedia di Android, BlackBerry, dan iOS  yang akan segera diluncurkan. Johan juga menjelaskan bahwa untuk aplikasi di Android, BlackBerry, dan iOS sudah selesai dikembangkan, dan sekarang sedang masuk dalam tahap bug fixing. Di blog resmi iSurabaya, pada tanggal 8 Agustus 2011 kemarin telah merilis versi mobile web dari iSurabaya supaya dapat diakses di featured phone.

Dalam hal pencarian tempat, iSurabaya memang sangat membantu, jika Anda memang berdomisili di Surabaya atau sedang berkunjung ke kota ini, tetapi saya masih menemukan beberapa bug ketika mencobanya. Mungkin hal ini memang lumrah karena iSurabaya sendiri belum resmi diluncurkan dan masih tahap beta. Tentunya iSurabaya sendiri pastinya membutuhkan masukan dari para pembaca DailySocial yang mencoba layanan ini. Anda tentunya bisa berkomentar tentang iSurabaya di artikel ini.

Untuk memantau perkembangan iSurabaya selanjutnya, para pembaca dapat memantau blog resmi iSurabaya, Facebook Page atau follow akun twitter resmi di @isurabayadotnet.

Previous Story

Sribu.com: A Mediator between Client and Designer

Next Story

Telkomsel and RIM Brought Mobile Campus for Universitas Pelita Harapan

Latest from Blog

Don't Miss

Unboxing CMF Phone 1

Impresi Pertama CMF Phone 1: Gegas, Modular dan Menyenangkan!

Tulisan berikut ini adalah tulisan tamu oleh Aryo Meidianto –

Review JBL Spinner BT, Desain Keren, Ramah Pemula, Koneksi Sudah Bluetooth

JBL dikenal sebagai jenama yang merilis produk audio, namun jenawa