Dark
Light

iQOO 11 Dapatkan Program Android 14 Beta untuk Pengembang

2 mins read
May 15, 2023
iQOO Android 14 Beta

Perusahaan teknologi global iQOO mengumumkan bahwa smartphone iQOO 11 akan mendapatkan update Android 14 Beta 1. Pembaruan tersebut akan berlaku di sejumlah wilayah di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bagi para pengembang yang menggunakan perangkat iQOO, mereka akan terlebih dahulu mendapatkan akses guna meningkatkan kompatibilitas aplikasi mereka.

Peningkatan fitur dan aspek yang akan dimasukkan ke dalam iQOO 11 adalah pengelolaan sumber daya perangkat yang lebih optimal, daya tahan baterai yang lebih baik, peningkatan keamanan dan privasi, serta lebih banyak fitur terkait personalisasi dan aksesibilitas.

iQOO Android 14 Beta

Penggunaan daya yang optimal dan daya tahan baterai yang lebih baik

Demi mendapatkan penggunaan daya yang optimal, maka Android 14 akan memotong dan menyederhanakan proses yang terjadi di belakang layar. Dengan begitu, baterai akan lebih irit dengan daya tahan yang lebih baik.

Contohnya adalah penyederhanaan penggunaan fitur alarm yang tidak akan diatur secara otomatis, aplikasi jam dan kalender yang akan meminta persetujuan terlebih dahulu ketika ingin menyalakan pengaturan penjadwalan presisi.

Kendati dalam rangka optimasi penggunaan daya, para pengembang didorong  untuk secara hati-hati mengevaluasi skenario penggunaan aplikasi atau mungkin menggunakan alternatif penjadwalan yang lebih fleksibel untuk mengurangi konsumsi sumber daya, yang diharapkan akan meningkatkan pengalaman pengguna ketika memakai ponsel ini.

Selain fitur-fitur dasar di atas, Android 14 akan mengatur lebih lanjut penggunaan layanan foreground untuk aplikasi prioritas pengguna. Ponsel akan memilah-milah, aplikasi mana yang akan menjadi prioritas pengguna untuk tetap aktif di foreground ponsel. Maka dari itu, pengembang dihimbau untuk menentukan dengan jelas tujuan backend aplikasi dan menjelaskan skenario penggunaan mana yang sesuai untuk layanan foreground, agar ponsel tersebut memahami skala prioritas dari aplikasi tersebut.

Peningkatan privasi dan Keamanan

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, keamanan dan privasi menjadi hal kunci yang akan berpengaruh besar terhadap kenyamanan pengguna. maka dari itu, Android 14 memperkenalkan fitur pemilihan foto yang lebih ramah terhadap privasi dan membatasi aplikasi untuk secara langsung memperoleh izin membaca dan menulis file dengan mengambil alih sistem, lewat pop-up notifikasi.

Untuk menangkal ancaman malware, Android 14 akan memasang syarat untuk level API minimum yang dapat diunduh, untuk mencegah aplikasi dengan Level API di bawah 23. Dan untuk mengamankannya lebih jauh, Android 14 memperkenalkan limitasi untuk hal implisit dan tertunda, pemuatan kode dinamis yang lebih aman, dan batasan tambahan untuk memulai aktivitas di background.

Fitur personalisasi dan aksesibilitas yang lebih advance

Android 14 juga akan mengoptimalkan fitur personalisasi dan aksesibilitas, seperti pengaturan preferensi satuan suhu berdasarkan wilayah, hari pertama dalam satu minggu, dan penyajian angka berdasarkan kebutuhan dan preferensi pengguna.

Dalam hal aksesibilitas, penyesuaian font non-linier hingga 200% juga dimasukkan. Fitur tersebut dibuat untuk memastikan bahwa semua teks dapat dibaca, tanpa mengorbankan susunan proporsional antara elemen dengan ukuran yang berbeda.

iQOO akan terus mendukung para pengembang dengan semangat ‘I Quest On and On’ untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan aplikasi mereka untuk sistem operasi Android terbaru.

Per tanggal 11 Mei 2023, para pengembang dapat mengunjungi situs vivo Developer dan berpartisipasi pada Android 14 Beta Developer Program untuk iQOO 11 di Asia Tenggara.

Perlu diingat juga bahwa Android 14 Beta Develop Program ini lebih diperuntukkan untuk para pengembang, sehingga tidak terlalu disasarkan bagi pengguna secara umum. Versi ini dirancang khusus pengembang untuk menguji dan mengadaptasi aplikasi mereka, memastikan kompatibilitas, dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Previous Story

Merumahkan Karyawan, Strategi Unity untuk Dapat Untung?

open beta SF 6
Next Story

Street Fighter 6 Umumkan Masa Open Beta dengan Sistem Cross-Platform

Latest from Blog

Don't Miss

iQOO 12 Punya Fitur Menarik untuk Dukung Aktivitas Liburan

Salah satu perangkat smartphone dari brand iQOO yaitu iQOO 12
review-oppo-reno11-pro-5g-hybrid-3

Review OPPO Reno11 Pro 5G, Kamera Cakep Performa Lebih Bertenaga

Bagi yang sedang mencari smartphone untuk produksi konten kreatif, yang